Sekelumit Pikiran

Tak Menentu

Senja di Taman Melingkar Pepustakaan Pusat

Pada saat seperti ini, kedudukan matahari sudah tidak berada di puncak Bumi. Meskipun sudah agak condong ke arah barat, tetapi kekuatan cahaya panas tersebut semakin menghanguskan manusia yang disinarinya. Angin yang seharusnya melakukan pekerjaannya mengimbangi kekuatan sang surya pun tidak nampak. Alhasil, tidak banyak mahasiswa yang berkeliaran hilir mudik kesana kemari pada saat aku duduk di Taman Melingkar Perpustakaan Pusat Universitas Indonesia. Aku duduk di salah satu tumpukan terasering yang mengitari satu pohon besar. Dengan menghadap danau yang luas, aku menunggu teman untuk mengerjakan kewajiban kami sebagai mahasiswa.

Kondisi pada saat aku duduk terasa begitu tenang dan nyaman. Belum terlihat aktivitas mahasiswa dari berbagai fakultas berkumpul meramaikan tempat ini. Hanya ada beberapa orang yang duduk seperti yang aku lakukan. Beberapa orang tersebut ada yang sambil merokok, ada yang sedang menelpon, dan ada juga yang sibuk bergulat dengan laptop yang dimilikinya. Aku duduk berhadapan persis dengan danau.

Diseberang danau terlihat olehku gedung serbaguna berwarna abu-abu. Balairung adalah sebutan yang akrab untuk menamai tempat tersebut. Balairung merupakan tempat untuk menyelenggarakan acara besar di kampusku. Lalu di sebelah kanan danau terdapat gedung yang kata banyak orang adalah gedung keadilan yang tinggi menjulang. Gedung tersebut juga menjadi salah satu kiblat hampir seluruh pelajar SMA di Indonesia. Gambar gedung tersebut banyak pula terpampang di setiap brosur bimbingan belajar untuk menarik perhatian. Tidak salah lagi, gedung tersebut adalah gedung Rektorat. Kemudian di sebelah kiri danau terlihat olehku bangunan yang belum sempurna. Bangunan tersebut masih berupa kerangka beton. Menurut informasi yang aku dapatkan, bangunan tersebut rencananya akan difungsikan sebagai bangunan untuk kegiatan belajar mengajar mahasiswa Arsitektur.

Tak terasa, jarum jam menunjukkan panah ke angka empat. Aku masih melakukan hal yang sama sedari tadi, yaitu menunggu. Sementara itu, sudah banyak mahasiswa yang berdatangan membuat suasana gaduh di Taman Melingkar ini. Banyak sekali aktivitas yang dilakukan para mahasiswa dari berbagai fakultas ini. Mungkin karena banyak perkuliahan yang telah usai, maka Taman Melingkar dengan menghadap danau menjadi pilihan mahasiswa untuk menghabiskan waktu senja dengan berbagai aktivitas. Hampir di setiap sudut tempat ini dipenuhi oleh mahasiswa. Mulai dari mahasiswa baru yang bersama-sama berlatih gerakan yang membuat mereka kompak, kemudian para mahasiswa yang bergelut di bidang okestra yang sedang latihan serta mahasiswa yang sedang berbincang-bincang dengan mahasiswa asing ikut meramaikan tempat ini.

Langit yang tadi dengan cerahnya berwarna biru muda telah berubah warna menjadi biru tua dibarengi oleh gelapnya planet ini. Para mahasiswa yang memadatkan tempat ini perlahan tetapi pasti meninggalkan bulatan yang semakin kebawah semakin mengecil. Cahaya alami yang diciptakan Tuhan telah diganti oleh cahaya yang diciptakan oleh manusia. Sinar kuning yang memberikan kesan mewah keluar dari dalam kaca Perpustakaan Pusat. Hal tersebut juga diikuti oleh gedung-gedung yang berada disekitar Perpustakaan Pusat seperti gedung Rekorat, dan Balairung. Sungguh, aku takjub melihat cahaya yang mewarnai malam. Danau yang berada dihadapanku tiba-tiba berubah menjadi cermin memantulkan bayangan gedung-gedung disekitarnya.

Pukul delapan malam, teman yang aku tunggu tak kunjung datang. Telepon genggam yang aku miliki tak dapat berfungsi karena kekurangan energi. Lama sekali aku menunggu. Perasaan kesal sedang berkecamuk di dalam dada. Dengan langkah yang yang penuh kesal, aku meninggalkan tukang sapu yang telah mulai membersihkan sampah yang ditinggalkan oleh generasi penerus bangsa di tempat aku duduk tadi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on September 24, 2012 by in Cerita Pendek.
%d bloggers like this: