Sekelumit Pikiran

Tak Menentu

Aduh karya Putu Wijaya

Naskah drama ini bercerita tentang sekelompok orang yang sedang melakukan kegiatan. Ketika terdengar suara sirine, sekelompok orang tersebut kedatangan seorang yang tampaknya sakit. Hal tersebut menggerakkan salah seorang dari kelompok itu untuk bertanya, tetapi si sakit tidak menjawab (hlm.5). Percakapan terus berlangsung hingga berujung perdebatan diantara sekelompok orang tersebut yang menganjurkan untuk menolong. Sebagian lagi yang menyarankan untuk membiarkan si sakit merintih kesakitan. Hal tersebut disebabkan adanya pengalaman masa lalu serupa dari sekelompok orang tersebut yang merasa tertipu (hlm.11). Akhirnya si sakit mati dan dengan susah payah dibuang dalam lubang oleh sekelompok orang tersebut (hlm. 39). Meskipun si sakit telah dibuang dalam lubang, tetapi hal tersebut masih menyisakan perdebatan diantara sekelompok orang tersebut.

Percakapan demi percakapan yang diutarakan oleh sekelompok orang tersebut dapat memberi pemahaman kepada pembaca mengenai sifat manusia. Sifat dalam tokoh yang ditampilkan menyinggung sifat masyarakat perkotaan yang cenderung individualis. Hal tersebut terlihat dari perdebatan yang dilakukan oleh sekelompok orang tersebut yang tidak langsung merespon untuk menolong. Kondisi tersebut diperburuk dengan menomorsatukan bicara. Bahkan, masalah kecil menjadi dibesar-besarkan dan rasa ragu yang timbul membuat sekelompok orang tersebut pada akhirnya menyesal.

Nama tokoh yang muncul seiring berjalannya cerita memperjelas sifat manusia dalam masyarakat. Misalnya, yang simpati, yang iri, perintis, pemimpin, yang marah dan lain sebagainya. Selain itu, terdapat beberapa pesan yang ingin disampaikan penulis, seperti jangan membesar-besarkan suatu masalah sampai tidak memerdulikan orang yang membutuhkan pertolongan.

 

DAFTAR PUSTAKA

Wijaya, Putu. 1973. ADUH. Jakarta: Pustaka Jaya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on November 16, 2012 by in Laporan Bacaan.
%d bloggers like this: