Sekelumit Pikiran

Tak Menentu

Dokter Gadungan karya Moliere

Dokter Gadungan bercerita tentang seorang tukang kayu yang dipaksa menjadi seorang dokter untuk mengobati seorang gadis bernama Lucinde yang tidak bisa menggerakkan lidahnya. Hal ini bermula saat dua orang pelayan Geronte, ayah Lucinde, mengira Sganarelle adalah seorang dokter yang pandai meramu obat yang dapat menyembuhkan segala penyakit. Mereka juga memukul Sganarelle supaya Sganarelle mengaku bahwa dirinya adalah seorang dokter. Sebenarnya, hal tersebut adalah akal licik dari Martine, istri Sganarelle, dalam upaya membalas dendam pada Sganarelle, suami Martine, yang sering memukulinya tersebut. Cerita ini dikemas dalam bentuk komedi. Oleh karena itu, terdapat beberapa kelucuan yang mengundang tawa pada saat membacanya.

Beberapa kelucuan yang terdapat dalam naskah drama ini adalah pada saat Sganarelle menemui Geronte. Sganerelle yang masih belum tahu mengapa dirinya disebut dokter, melakukan pemukulan terhadap Geronte dan membuat Geronte menjadi dokter. Sganerelle melakukan hal tersebut karena dirinya beranggapan bahwa dengan melakukan pemukulan dan menanyakan apakah orang yang dipukuli tersebut dokter atau bukan merupakan proses pengangkatan seorang dokter. Hal tersebut juga merupakan sindiran terhadap Lucas dan Valere yang melakukan hal demikian terhadap Sganarelle. Terlebih lagi, Sganarelle tidak mengetahui Geronte adalah ayah dari anak yang akan disembuhkannya (hlm.32-33).

Kelucuan selanjutnya terjadi pada saat Sganarelle bertemu dengan Jacqueline. Sganarelle terpesona oleh besarnya buah dada yang dimiliki Jacqueline. Upaya Sganarelle memeluk Jacqueline serta dialog-dialog yang diucapkan Sganarelle membuat hal tersebut menjadi lucu (hlm.34-35)

 

DAFTAR PUSTAKA

Moliere, Dokter Gadungan, diterj.Asrul Sani, (Jakarta:PT Dunia Pustaka Jaya, 1979).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on November 16, 2012 by in Laporan Bacaan.
%d bloggers like this: