Sekelumit Pikiran

Tak Menentu

Malam Jahanam karya Motinggo Busje

Malam Jahanam bercerita tentang perselingkuhan yang terjadi akibat dari ketidakpedulian seorang suami terhadap istrinya. Mat Kontan, suami Paijah, lebih mementingkan burung kesayangannya daripada istri dan anaknya. Walaupun demikian, Mat Kontan begitu membanggakan istri dan anaknya kepada orang lain. Mat Kontan mudah marah bila menyangkut burung dan harga dirinya. Mat Kontan memiliki sifat sombong, angkuh, penakut, egois, emosional, dan sok tahu (lihat adegan IV). Informasi kematian burung Mat Kontan diutarakan oleh Utai. Utai memiliki sifat setia dan menuruti semua perintah Mat Kontan (lihat adegan XII). Bahkan, Utai membantu Mat Kontan untuk melawan Soleman.

Mat Kontan memiliki istri bernama Paijah. Paijah adalah seorng istri yang pencemas dan tidak setia (lihat adegan VI). Paijah  takut Soleman dan dirinya sendiri akan dibunuh oleh Mat Kontan apabila masalah burung beo dan perselingkuhannya terungkap. Paijah juga takut dirinya dan Soleman akan diusir dari kampung apabila ada yang mengetahui perihal perselingkuhannya. Meskipun Mat Kontan egois dan mandul, tidak seharusnya Paijah lari ke dalam pelukan laki-laki lain selama statusnya masih sebagai istri Mat Kontan.

Paijah berselingkuh dengan Soleman yang merupakan teman dekat dari Mat Kontan. Soleman memiliki sifat pengecut, besar mulut, dan pembual (lihat adegan VIII). Ketika Paijah menceritakan ketakutannya terhadap Mat Kontan kepada Soleman, Soleman berjanji akan melindungi Paijah. Soleman berkata bahwa dia bukan penakut. Padahal, dia adalah seorang pengecut. Soleman takut terhadap amarah Mat Kontan sehingga Soleman kabur meninggalkan Paijah dan anak kandungnya yang sedang sakit.

 

DAFTAR PUSTAKA

Bosje, Motinggo. 1995. Malam Jahanam. Jakarta: Pustaka Jaya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on November 16, 2012 by in Laporan Bacaan.
%d bloggers like this: