Sekelumit Pikiran

Tak Menentu

Romeo dan Julia karya William Shakespeare

Romeo & Juliaadalah salah satu karya William Shakespeare berbentuk naskah drama yang sudah sangat terkenal di dunia. Naskah drama ini telah sering dipentaskan. Bahkan, kisah Romeo & Julia telah ada dalam bentuk film. Hal tersebut menandakan bahwa naskah drama ini begitu digemari dan memikat hati. Naskah drama Romeo & Julia mengisahkanpercintaan antara Romeo dan Julia yang terhalang karena perseteruan keluarga mereka. Selain kisah percintaan terlarang yang menarik perhatian, sifat-sifat yang terdapat dalam tokoh juga menarik untuk dilihat dan dijadikan sebagai acuan baik dan buruk dalam kehidupan. Oleh karena itu, dalam laporan ini saya akan membahas mengenai sifat tokoh dalam naskah drama Romeo & Julia.

Sifat manusia sangat banyak macamnya. Misalnya, baik hati, pendendam, sabar, dan lain sebagainya. Dalam melihat sifat manusia, kita perlu memiliki perhatian khusus. Hal tersebut disebabkan tidak semua sifat manusia itu baik dan disadari oleh pelakunya. Begitu juga dengan sifat tokoh dalam naskah drama Romeo & Julia. Misalnya, dalam naskah drama tersebut sifat yang muncul dari tokoh Romeo adalah melakukan tindakan secara tergesa-gesa. Hal tersebut terlihat dalam naskah bahwa Romeo tergesa-gesa ingin menikahi Julia dan pada akhirnya tindakan tergesa-gesa tersebut mengakibatkan maut. Lain halnya perseteruan keluarga Montague dan Capulet. Sifat yang muncul dari perseteruan keluarga ini adalah sifat pendendam. Sifat pendendam diantara keluarga Montague dan Capulet mengakibatkan kedua keluarga kehilangan orang yang dikasihi. Selain sifat pendendam, sifat yang muncul adalah sifat egois orang tua Romeo dan Julia. Sifat egois orang tua yang tidak mempedulikan perasaan anaknya memaksa Romeo dan Julia berbuat nekat.

Dari sifat-sifat tokoh yang terdapat dalam naskah drama Romeo & Julia dapat memberikan pelajaran yang berharga dalam kehidupan. Pelajaran yang berharga tersebut adalah sifat yang tidak baik tersebut tidak pantas untuk ditiru karena sifat tidak baik tersebut akan mendatangkan malapetaka.

 

DAFTAR PUSTAKA

Shakespeare, William, Romeo & Julia, diterj. Trisno Sumardjo, (Jakarta: PT Dunia Pustaka Jaya,2009).

 

5 comments on “Romeo dan Julia karya William Shakespeare

  1. GauxGaux
    September 9, 2014

    Hai, saya ingin menemukan naskah Romeo dan Julia dalam bahasa Indonesia untuk kelas teater saya di SMA, tapi tinggal di desa kecil dan nggak ada di sini. Di mana menemukannya? Belinya di kota atau dari perpustakaan? Makasih banyak!

    • IKO
      September 12, 2014

      Hai, salam kenal ya.
      Naskah drama Romeo dan Julia ada dalam bentuk buku. Harga bukunya Rp35.000,00. Belinya di toko yang ada di Depok. Jika kamu mau, saya bersedia mengirimkan bukunya. Tolong tuliskan alamat kamu ya biar saya kirim bukunya via pos.

      • GauxGaux
        September 12, 2014

        Salam kenal juga. O saya senang dengarnya. Kalau tidak keberatan bolehkah saya meminta buku itu untk pembelajaran anak didik saya di sini? Ini alamat sekolah saya
        Margaux Hodges
        SMAN 5 Garut Jl. Cikopo pameungpeuk Garut 44175

  2. IKO
    September 12, 2014

    Wah, dengan senang hati saya akan mengirimnya. Hari ini akan saya kirim ya. Minta nomor handphone kamu juga ya biar proses pengirimannya nanti bisa tahu sudah diterima atau belum. Oh iya, kalau boleh tahu kamu mengajar di SMA 5 Garut? Mengajar pelajaran apa? Kok tumben ya ada WNA yang mengajar di daerah hehehe

    • GauxGaux
      September 15, 2014

      Haha. Thank you so much! Nomorku 0822 30422957. Ya, saya mengajar bahasa Inggris di SMA 5 dengan Program dari Pemerintah Amerika.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on November 16, 2012 by in Laporan Bacaan.
%d bloggers like this: