Sekelumit Pikiran

Tak Menentu

Transkrip Wawancara dengan Pak Yoesoev

Judul features kelompok: Tak Kenal Lelah Melayani UI

Transkrip wawancara dengan Pak Yoesoev (Manajer Bidang Sumber Daya Manusia  dan Fasilitas Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia):

1. Berapa lama Bapak mengenal Pak Marsha, penjaga gedung 9 FIB UI?

Jawaban: Saya kenal sama Marsha itu kalau dihitung-hitung sudah 20 tahun lebih. Tapi, saya semakin mengenal Pak Marsha semenjak menjadi manajer 5 tahun yang lalu.

2. Bagaimana tanggapan Bapak mengenai kinerja Pak Marsha?

Jawaban: Kehadiran Pak Marsha tidak mungkin tergantikan. Seperti yang kita ketahui bersama, gedung 9 merupakan satu-satunya gedung di FIB yang mempunyai aktivitas diluar normal. Pak Marsha mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Dia punya dedikasi yang tinggi terhadap pekerjaannya dibandingkan pegawai lainnya di posisi yang sama.

3. Posisi Pak Marsha itu sebenarnya sebagai apa ya, Pak?

Jawaban: Posisi Pak Marsha itu Staf bagian umum sekaligus penanggung jawab gedung 9.

4. Deskripsi kerjanya apa saja ya, Pak?

Jawaban: Melayani dosen, melayani mahasiswa, mengumpulkan absensi dan bertanggung jawab atas apa yang ada di gedung 9 FIB UI.

5. Bagaimana Pak Marsha dimata Pak Yoesoev sebagai pribadi ?

Jawaban: Saya melihat Pak Marsha itu sebgai pribadi yang tidak kenal lelah, tidak pernah mengeluh, dan selalu senyum dalam menghadapi segala hal. Saya sering berbincang dengan Pak Marsha. Ternyata, asal kamu tahu Pak Marsha itu punya penyakit di bagian punggung. Namun, Pak Marsha tidak pernah mengungkapkannya. Saya tahu sendiri dari benjolan pada punggung yang agak membesar. Memang, usia Pak Marsha sudah 56 tahun dan 6 bulan lagi akan pensiun. Kualitas Pak Marsha sudah mulai menurun akibat faktor usia yang mungkin tidak ia kehendaki. Berbeda, dengan kebanyakan pegawai yang sikapnya terbalik dari Pak Marsha ini. Jam kerja yang begitu panjang tentu tak luput dari perhtian Dekanat FIB yang memberikan pula uang lembur. Dekanat sangat mengapresiasi pengabdian dan kerja keras Pak Marsha.

6. Bagainana peranan Pak Marsha di FIB?

Jawaban: Karyawan adalah asset. Tergantung konteks. Jika ditanya peranan Pak Marsha tentunya sangat penting. Penting atau tidaknya jangan hanya melihat dari posisi atau jabatannya. Tapi tergantung fungsinya. Pak Marsha mengii ruang yang sangat penting. Jika tidak ada pak Marsha maka system di FIB akan oglek.

7. Bagaimana sikap Pak Yoesoev menanggapi perilaku Pak Marsha yang sangat baik memberikan izin memakai ruangan untuk kegiatan kampus meskipun tidak memiliki izin?

Jawaban: Sebenarnya tidak hal tersebut tidak menjadi masalah asal Pak marsha bisa bertanggung jawab atas perbuatannya jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Bagaimanapun juga kan ada aturan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on February 7, 2013 by in Bebas.
%d bloggers like this: