Sekelumit Pikiran

Tak Menentu

Buku Konsep Anak Usia Dini

Anak usia dini adalah fase manusia yang masih dalam tahap bermain, berimajinasi, dan berfantasi. Dalam hal ini, anak masih pada fase meniru atau mencari tipuan, membaca melalui gambar, dan penggunaan bahasa masih sederhana. Pada tahap ini, anak mudah belajar segala sesuatu dengan cepat. Mulai dari belajar berbicara, bertingkah laku, dan lain sebagainya. Hal tersebut harus menjadi perhatian khusus orang tua karena segala sesuatu yang akan diterima oleh anak akan terserap hingga dewasa. Orang tua harus mengajarkan anak untuk mengenal segala sesuatu yang ada di sekitar anak tersebut. Misalnya, huruf, buah-buahan, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, orang tua memerlukan alat bantu berupa buku yang dapat mempermudah dalam mengajarkan anak mengenal benda atau hal yang ada di sekitar. Buku tersebut biasanya disebut buku konsep.

Buku konsep sudah banyak ditemukan pada toko buku di Indonesia. Hal ini terbukti dari observasi yang dilakukan penulis di salah satu toko buku yang terdapat di Depok. Toko buku tersebut adalah salah satu cabang dari toko buku terkemuka di Indonesia. Hal tersebut membuat penulis dapat memastikan buku konsep juga terdapat di cabang yang lain. Buku konsep yang penulis temukan adalah buku konsep mengenal huruf, binatang, tanaman, buah-buahan, dan alat sekolah. Dalam hal ini, penulis akan memberikan beberapa penjelasan mengenai buku konsep anak usia dini yang terdapat dalam toko buku.

Penulis menemukan buku konsep buah-buahan yang berjudul Pintar Mewarna Buah-buahan. Buku ini mengenalkan anak mengenai bermacam-macam buah. Jumlah buah yang terdapat dalam buku ini adalah dua puluh. Dalam buku ini, anak tidak hanya diperkenalkan macam-macam buah, tetapi anak juga diminta untuk mewarnai gambar buah tersebut. Pada halaman depan buku terdapat contoh warna buah-buahan yang ada dalam halaman berikutnya. Gambar buah untuk diwarnai berukuran besar. Pada seri buku ini terdapat juga seri bunga, binatang, dan sayur-sayuran.

Selain itu, ada pula buku konsep huruf yang berjudul Brain Book for baby: Huruf A-Z. Buku ini mengenalkan huruf alfabet kepada anak. Jumlah halaman buku ini sesuai dengan jumlah alfabet, yaitu 24. Buku ini menggunakan warna yang cerah dan berbeda di setiap halamannya. Buku ini tidak hanya mengajarkan anak mengenai huruf, tetapi ada gambar buah atau benda di sekitar yang terdapat di setiap halaman sesuai dengan abjad awalnya. Buku ini mengajarkan dua bahasa kepada anak, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Kemudian ada buku konsep sekolah yang berjudul Look and Say: Sekolah. Buku ini mengenalkan anak benda yang terdapat di sekolah. Benda di sekolah yang terdapat di buku ini adalah papan tulis, penggaris, kursi, kapur, meja, penghapus, dan ransel. Buku ini memiliki ukuran yang tidak besar, tetapi gambar yang ditampilkan jelas dan besar. Buku ini menggunakan warna yang cerah dan berbeda di setiap halamannya. Buku ini menggunakan tiga bahasa, yaitu bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan bahasa Mandarin.

Terakhir, terdapat buku konsep binatang yang berjudul Sticker Colouring: 50 Gambar Binatang. Buku ini mengenalkan anak berbagai jenis binatang. Jumlah binatang yang terdapat dalam buku ini sebanyak 50 binatang. Buku ini merupakan buku konsep yang berbeda karena terdapat inovasi berupa sticker. Anak tidak hanya dikenalkan berbagai jenis binatang, tetapi anak juga diminta untuk menempelkan sticker bergambar binatang di setiap halamannya. Tidak hanya itu, anak juga diminta untuk mewarnai gambar binatang tersebut. Tempat menempel sticker terdapat di bagian sudut kanan atas di setiap halamannya.

Berdasarkan beberapa buku konsep yang telah dipaparkan, penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa buku konsep untuk anak usia dini memiliki jumlah yang tidak sedikit. Sebagian besar buku konsep yang ada menggunakan dua atau tiga bahasa. Hal ini sangat disayangkan karena seharusnya anak diajarkan bahasa Indonesia terlebih dahulu. Bahasa asing, seperti bahasa Inggris atau bahasa mandarin seharusnya belum diajarkan atau diperkenalkan kepada anak usia dini. Hal ini dapat membuat anak merasa bingung walaupun anak akan tetap menyerap bahasa asing tersebut. Kesalahan tersebut sudah bisa terlihat dari judul buku yang menggunakan dua bahasa. Hal ini seharusnya menjadi perhatian penerbit. Jangan sampai globalisasi membuat buku anak usia dini juga ikut tergerus arus sehingga bahasa Indonesia menjadi terpinggirkan. Kemungkinan terburuknya adalah anak tidak lagi bisa berbahasa Indonesia atau lebih menyukai bahasa asing.

Tidak hanya itu, pada buku Brain Book for baby: Huruf A-Z dan Look and Say: Sekolah memiliki ukuran yang kecil. Ukuran yang kecil akan membuat anak usia dini mengeluarkan energi yang banyak. Seharusnya, buku untuk anak usia dini memiliki ukuran yang besar. Hal ini disebabkan ukuran yang besar akan memudahkan anak melihat dan mengenal benda yang akan diperkenalkan. Meskipun gambar yang ditampilkan besar, tetapi kalau ukuran bukunya kecil akan tetap saja membuat anak berkonsentrasi lebih. Jika anak sudah dibiasakan dengan benda yang berukuran kecil, maka anak tersebut akan bersusah payah berusaha melihat dan mengenal benda tersebut. Hal tersebut tidak baik bagi perkembangan anak usia dini.

Meskipun demikian, sebagian besar buku konsep memberikan warna yang berbeda dan cerah di setiap halamannya. Hal ini dapat merangsang kemampuan otak anak. Anak tidak hanya diperkanalkan huruf, binatang atau buah-buahan saja, tetapi diperkenalkan pula berbagai warna yang cerah. Hal ini menandakan buku konsep memiliki fungsi ganda atau lebih. Misalnya, buku Brain Book for baby: Huruf A-Z. Pada buku ini secara garis besar memperkenalkan anak mengenai abjad. Namun, dalam buku tersebut tidak hanya terdapat abjad, tetapi ada pula benda atau buah yang sesuai dengan abjad awal dan warna yang berbeda di setiap halamannya.

 

 

DAFTAR PUSTAKA

Danar. 2010. Pintar Mewarna Buah-buahan. Jogjakarta: Penerbit Andi

Fabian. 2012. Brain Book for baby: Huruf A-Z. Jakarta: Wahyu Media.

______. 2011. Look and Say: Sekolah. Jakarta: PT.Bhuana Ilmu Populer.

______.2012. Sticker Colouring: 50 Gambar Binatang. Jakarta: Penerbit Dinarmedia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on March 27, 2013 by in Sastra.
%d bloggers like this: