Sekelumit Pikiran

Tak Menentu

Buku Tanpa Kata Anak usia Dini

Buku tanpa kata adalah buku bergambar mengenai suatu cerita tanpa ada tulisan yang menceritakan gambar tersebut. Hal ini diperuntukkan untuk anak usia dini sebelum mengenal tulisan. Anak usia dini dilatih kemampuan imajinasi dan fantasinya untuk membuat cerita sendiri berdasarkan gambar yang ada. Dengan membuat kisah atau cerita sendiri, maka dapat mendorong anak belajar bahwa sebuah cerita dimulai dari awal hingga akhir. Tidak hanya itu, anak usia dini juga dilatih kemampuan berbahasanya. Selain itu, anak mulai belajar bahwa membaca buku dimulai dari kiri ke kanan dan gambar yang muncul dari atas ke bawah. Banyak manfaat yang dapat diambil oleh anak dari buku tanpa kata. Namun, hal tersebut tidak sebanyak bukunya yang beredar di toko buku.

Penulis tidak mudah menemukan buku tanpa kata di toko buku terkemuka di Indonesia. Hal yang menjadi kendala dalam pencarian adalah tidak ada buku bergambar yang tidak memiliki tulisan yang menceritakan gambar. Kebanyakan merupakan buku cerita bergambar walaupun tulisan yang menceritakan gambar hanya sedikit. Namun, penulis menemukan buku bergambar yang tidak memiliki tulisan yang menceritakan gambar, tetapi terdapat tulisan keterangan gambar. Dalam hal ini, penulis beranggapan bahwa tulisan yang menceritakan gambar dan tulisan keterangan gambar berbeda. Tulisan yang menceritakan gambar merupakan tulisan yang berisi cerita dimulai dengan kalimat pembuka dan diselingi beberapa percakapan tokoh pada gambar. Berlainan dengan hal tersebut, tulisan keterangan gambar adalah tulisan yang hanya terdiri dari satu kalimat dan hanya menerangkan nama tokoh dan aktivitasnya. Hal tersebut membuat penulis menggolongkan buku bergambar dengan tulisan keterangan gambar sebagai buku tanpa kata.

Buku yang berjudul In the Garden adalah salah satu buku yang penulis golongkan ke dalam buku tanpa kata. Buku ini merupakan buku yang terdiri dari bahan daur ulang. Buku ini merupakan buku bergambar yang menjelaskan aktivitas menanam sayur dan buah. Para pelaku menanam sayur dan buah adalah anak-anak. Hal tersebut dapat membuat anak merasa senang karena pelakunya merupakan teman sebanyanya. Hal ini juga membuat anak menjadi ingin menanam sayur dan buah, seperti teman sebayanya dalam gambar. Gambar yang terdapat dalam buku merupakan gambar yang memiliki struktur dan ilustrasi yang sederhana.

Penulis menggolongkan buku ini ke dalam buku tanpa kata walaupun terdapat tulisan pada gambar. Namun, tulisan yang terdapat dalam tiap halamannya ini adalah tulisan keterangan gambar. Hal tersebut berbeda dengan buku cerita bergambar. Tulisan keterangan hanya terdiri dari satu kalimat yang menerangkan secara singkat gambar tersebut. Dalam buku ini, anak juga dapat belajar mengenal buah dan sayur. Anak dapat belajar membuat cerita sendiri dari gambar dan keterangan yang ada mulai dari kalimat pembuka hingga akhir. Hal yang menjadi keprihatinan penulis adalah masih belum adanya buku tanpa kata produk dalam negeri. Buku tanpa kata pada gambar di atas adalah buku produk Amerika. Tentu saja, bahasa yang digunakan juga berbahasa Inggris pada keterangan gambar.

Selanjutnya, buku tanpa kata yang penulis temukan adalah buku yang berjudul Kitten Skips. Buku ini memiliki ukuran yang kecil dan tidak berbentuk persegi sepeti buku pada umumnya. Hal tersebut dapat membuat anak tertarik dengan bentuk yang unik dari buku tersebut. Dari judul buku sudah terlihat bahwa buku ini adalah buku produk luar negeri, yaitu Singapura.

Buku ini merupakan buku bergambar mengenai kucing dan aktivitasnya. Serupa dengan buku tanpa kata sebelumnya yang berjudul In the Garden, buku ini juga tidak sepenuhnya gambar. Dalam buku ini terdapat tulisan keterangan gambar. Hal yang unik pada buku ini adalah adanya kaki kucing pada bagian bawah buku. Kaki kucing tersebut merupakan bagian yang melengkapi gambar tubuh kucing pada  halaman depan buku. Gambar yang terdapat dalam buku merupakan gambar yang memiliki struktur dan ilustrasi yang sederhana. Gambar yang terdapt pada buku ini juga tidak terlalu banyak benda atau tokohnya. Hal ini dapat memudahkan anak untuk menceritakan kisahnya sendiri. Keterangan yang terdapat dalam buku hanya menerangkan aktivitas kucing dalam gambar. Hal ini dapat mengarahkan anak memiliki cerita yang sesuai gambar walaupun cerita sendiri. Buku ini mempunyai enam halaman. Jumlah halaman yang tidak terlalu banyak juga membuat anak tidak mudah lelah. Pada buku ini, anak juga belajar bahwa melihat gambar dimulai dari atas ke bawah. Hal ini dapat membuat konstruksi pemikiran anak bahwa buku ada yang dibuka dari kiri ke kanan dan atas ke bawah. Seharusnya, Indonesia juga membuat buku tanpa kata, seperti Amerika dan Singapura pada contoh. Hal tersebut dapat melatih kemampuan anak sehingga anak mempunyai rangsangan. Padahal, pendidikan anak usia dini mulai digalakkan di Indonesia. Hal tersebut akan pincang jika tidak dibarengi dengan adanya buku tanpa kata maupun buku yang menunjang kemampuan anak lainnya.

 

DAFTAR PUSTAKA

Bockol, Leslie. 2009. in the Garden. USA: InnovativeKids.

Randall, Ronne. 2011. Kitten Skips. Singapore: Small World Creations ltd.

2 comments on “Buku Tanpa Kata Anak usia Dini

  1. ika
    September 22, 2013

    Tulisan Anda benar sekali bahwa sulit sekali mencari buku bergambar tanpa kata atau istilahnya wordless picture book. Saya sedang melakukan penelitian disertasi untuk buku itu. Semoga dapat menjadi pencetus untuk para pengarang buku anak

    • IKO
      September 22, 2013

      Bisa dibilang sekarang belum ada buku tanpa kata. Bahkan, pada saat saya melakukan observasi di dua toko buku terkenal, saya hanya menemukan buku bergambar dengan satu kalimat keterangan. Tidak ada yang hanya gambar saja. Semoga sukses ya penelitian disertasi tentang buku tanpa kata. (amin)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on March 29, 2013 by in Sastra.
%d bloggers like this: