Sekelumit Pikiran

Tak Menentu

Lagu Anak-anak

Dahulu, lagu anak-anak begitu banyak jumlahnya. Pada masa penulis kecil, lagu anak-anak yang sering diperdengarkan oleh orang tua penulis memiliki jumlah yang tidak sedikit. Siaran televisi juga menampilkan sebagian besar daftar lagu anak-anak. Bahkan, program televisi banyak yang mendatangkan artis cilik sebagai pengisi acara atau pemeran utama. Hal yang menyangkut anak lebih diapresiasikan dan meningkatkan jumlah lagu atau nyanyian anak yang telah ada. Pada masa itu, lagu anak-anak mencapai masa keemasan. Hal tersebut disebabkan menjamurnya artis cilik dan mewabahnya lagu anak-anak. Periode masa kejayaan lagu anak-anak adalah sekitar tahun 1990-an. Hal tersebut ditandai dengan kemunculan berbagai macam penyanyi cilik. Mulai penyanyi cilik solo atau tunggal hingga penyanyi cilik trio atau bertiga. Penyanyi cilik solo yang terkenal adalah Sherina dan Tasya. Lagu yang masih penulis ingat dari Sherina adalah lagu yang berjudul Andai Aku Telah Dewasa. Lagu tersebut dinyanyikan pada salah satu drama musikal. Tidak hanya itu, lagu yang masih penulis ingat dari Tasya adalah lagu yang berjudul Libur Telah Tiba.

Biasanya, lagu anak-anak identik dengan tema impian atau kesenangan. Hal tersebut dimaksudkan agar anak-anak memiliki impian yang banyak dan setinggi-tingginya. Anak diminta untuk memiliki cita-cita agar memiliki motivasi dan tujuan hidup yang jelas. Hal tersebut juga akan memudahkan orang tua dalam mengarahkan anak mewujudkan keinginan yang diinginkan. Meskipun saat dewasa akan berubah, tetapi imajinasi diperlukan anak karena baik untuk perkembangan anak. Dalam lagu yang telah penulis sebutkan, lagu Andai Aku Telah Dewasa mengandung tema impian yang akan diraih ketika dewasa. Ketika penulis mendengarkan lagu Andai Aku Telah Dewasa, penulis merasa diajak untuk memikirkan atau membayangkan hal yang akan dilakukan ketika dewasa nanti. Penulis akan mulai masuk dalam dunia imajinasi saat lagu tersebut mulai diperdengarkan. Dengan nada lagu yang lembut, semua anak yang mendengarkan pasti akan hanyut ke dalam pesan yang ingin disampaikan oleh penyanyi. Lagu tersebut efektif dalam menyalurkan pesan yang baik terhadap anak. Musik dapat meningkatkan kemampuan otak anak. Melalui musik pula, anak akan merasa nyaman dan dapat melatih kemampuan dalam berbagai aspek pada anak. Banyak sekali manfaat yang diperoleh anak ketika mendengarkan musik.

Berbeda dengan lagu yang dibawakan Sherina, lagu Libur Telah Tiba yang dinyanyikan oleh Tasya memiliki unsur kesenangan atau keceriaan. Unsur tersebut dapat terlihat dari nada yang digunakan. Nada lagu tersebut memiliki unsur keceriaan atau kesenangan. Lagu tersebut bercerita tentang kesenangan atau keceriaan seorang anak karena masa liburan telah tiba. Perasaan riang gembira yang dirasakan diungkapkan pula dalam lirik lagu. Anak-anak yang mendengarkan lagu ini pasti akan ikut merasakan kesenangan liburan sekolah. Terlebih lagi, sebagian besar anak-anak mendambakan masa liburan sekolah karena ketika masa liburan sekolah, anak-anak dapat bermain atau bertamasya. Hal ini disebabkan anak sedang memasuki tahap bermain, berimajinasi, dan berkreasi. Lagu tersebut juga dapat menumbuhkan semangat pada anak. Hal yang penulis rasakan ketika mendengarkan lagu tersebut ketika masa kecil adalah perasaan senang dengan mengikuti alunan lagu tersebut. Bahkan, penulis  membayangkan tempat liburan yang telah didatangi sebelumnya. Hal tersebut membuat rasa rindu akan liburan sekolah dan aktivitas bermain saat liburan sekolah.

Ada pula, lagu anak yang mengandung ajakan terhadap anak untuk memiliki perilaku yang baik. Misalnya, menghormati orang tua, rajin menabung, dan lain-lain. Lagu yang masih penulis ingat dan memiliki aspek tersebut adalah lagu Nabung yang dinyanyikan oleh Trio Kwek-Kwek. Lagu tersebut mengajak anak atau yang mendengarkan lagu untuk rajin menabung. Kelompok penyanyi yang berisikan tiga anggota yang masih anak-anak ini membawakan lagu dengan pembawaan yang menyenangkan. Hal ini membuat anak atau pendengar lagu tersebut merasa bahwa kegiatan menabung adalah kegiatan yang menyenangkan dan menguntungkan. Perilaku menabung memang harus diajarkan pada anak usia dini. Dengan adanya lagu tersebut, perilaku menabung dapat disosialisasikan secara menarik dan efektif kepada anak. Ketika penulis kecil, hal yang dirasakan adalah timbul keinginan untuk menabung di celengan. Hal tersebut didorong oleh video klip dari lagu tersebut yang membawa dan mencontohkan kegiatan menabung di celengan.

Pada masa kecil, penulis hanya diperdengarkan lagu anak-anak yang terdapat di televisi atau radio. Sebagian besar anak tidak hanya diperdengarkan lagu melalui media lain, tetapi ada juga lagu penghantar tidur yang dinyanyikan oleh orang tua. Namun, dalam kehidupan penulis hal tersebut tidak penulis alami. Orang tua penulis tidak pernah membawakan lagu penghantar tidur. Jika hendak tidur, penulis hanya akan diberikan susu dan penulis akan terlelap dengan sendirinya. Meskipun demikian, penulis mengetahui lagu penghantar tidur yang sering digunakan di Indonesia. Lagu tersebut adalah lagu yang berjudul Nina Bobo. Lagu tersebut adalah lagu yang sangat halus dan lembut. Dengan nada yang yang rendah membuat anak yang dinyanyikan lagu tersebut akan merasakan kantuk. Hal tersebut didukung oleh keadaan yang nyaman, berada di dekapan orang tua, dan suasana yang tenang.

Banyak juga lagu anak yang menceritakan pengalaman liburan yang menyenangkan. Hal tersebut dimaksudkan mengajak anak untuk ikut merasakan suasana yang menyenangkan ketika liburan. Misalnya, pengalaman naik ke gunung, naik delman, dan naik kereta api. Ketiga pengalaman tersebut digambarkan dengan suasana yang riang gembira. Lagu Naik ke Puncak Gunung adalah lagu yang bercerita tentang pengalaman menaiki gunung. Lagu Naik Delman adalah lagu yang bercerita tentang pengalaman menaiki delman. Lagu Naik Kereta Api adalah lagu yang bercerita tentang kereta api. Ketiga lagu tersebut membuat anak merasa senang karena penyampaian lagu yang menyenangkan. Ketiga lagu tersebut juga memberi edukasi kepada anak mengenai pemandangan di gunung, merasakan menaiki delman, dan kereta api. Semua lagu tersebut masih dinyanyikan oleh anak-anak hingga sekarang. Banyak sekali lagu anak-anak yang dapat dikategorikan sebagai lagu anak sepanjang masa. Hal tersebut disebabkan masih tetap bertahan dan dinyanyikannya lagu tersebut walapun usia lagu sudah tua. Di lain pihak, adanya kecenderungan lagu anak di Indonesia tidak berkembang. Hal tersebut terlihat dari lagu anak yang tidak memiliki berbagai variasi seperti pada waktu penulis kecil. Sekarang, anak-anak sudah menyanyikan lagu dengan tema cinta atau yang melebihi batas usianya. Hal tersebut sangat disayangkan oleh penulis. Kemajuan zaman yang semakin modern membuat perkembangan anak semakin cepat pula.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on April 11, 2013 by in Artikel.
%d bloggers like this: