Sekelumit Pikiran

Tak Menentu

Background Greenpreneurship Challenge

Greenpreneurship Challenge Competition merupakan program yang dibentuk oleh Youth Desk – Indonesian National Commission for UNESCO. Program ini menerapkan konsep Sustainable Development (Eco-preneurship). Konsep tersebut memiliki tiga pilar utama, yaitu pembangunan ekonomi (Economic development), pembangunan sosial (Social development), dan pembangunan lingkungan (Environmental development).

Greenpreneurship Challenge Competition lahir sebagai implikasi dari penetapan The International Year of Sustainable Energy for All yang ditetapkan oleh Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) tahun 2012. Tidak hanya itu, program ini juga memiliki keterkaitan dengan UN Conference on Sustainable Development, atau biasa disebut dengan Rio+20. Konferensi tersebut  diselenggarakan pada tanggal 20–22 Juni 2012 di Rio de Janeiro, Brazil.

Dengan tema “Switch Your Business Into Green“, UNESCO Youth Desk mengadakan Greenpreneurship Challenge Competition sebagai kompetisi yang diadakan untuk wirausaha muda dengan usia 15-30 tahun. Para wirausaha muda ditantang untuk mengubah bisnis yang telah dijalankan dengan menerapkan konsep Sustainable Development (Eco-preneurship). Tidak hanya itu, para wirausaha muda juga ditantang untuk mengembangkan isu green economy.

Isu green economy merupakan salah satu komponen penting dalam mengembangkan konsep Sustainable Development (Eco-preneurship). Hal tersebut sangat penting untuk diketahui oleh generasi penerus bangsa Indonesia dalam memulai bisnis. Dengan ditanamkannya konsep green economy sejak dini, diharapkan konsep ini menjadi kebiasaan yang positif dalam menjaga lingkungan dan memajukan ekonomi. Dalam hal ini, kekuatan pemuda menjadi kekuatan utama untuk mengembangkan dan menyebarkan konsep mulia tersebut. Hal tersebut didukung oleh kekuatan penyebaran yang akan lebih cepat dan jangkauan yang luas.

Program ini diharapkan dapat berkontribusi mengurangi produksi karbon yang dihasilkan oleh kegiatan bisnis di Indonesia. Setidaknya, target dari program ini dapat mengurangi sekitar 15% produksi karbon. Agenda dari program ini, yaitu roadshow, workshop, dan kompetisi bisnis ramah lingkungan. Pada puncak acara program ini juga akan diadakan Expo Green Business. Acara puncak tersebut akan memperkenalkan bisnis yang telah menerapkan konsep Sustainable Development (Eco-preneurship).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on July 15, 2013 by in Bebas.
%d bloggers like this: