Sekelumit Pikiran

Tak Menentu

Jakarta, Gili Trawangan, Lombok, Bali V

Hari senin (26/10) pukul 10. 00 WITA, kami check out dari hotel murah yang terdapat di dekat Pantai Kuta tersebut. Semua barang bawaan sudah kami bawa sekalian dengan jalan-jalan hari terakhir di Bali ini. Jalan-jalan hari terakhir di Bali ini difokuskan untuk membeli oleh-oleh untuk keluarga yang berada di Jakarta. Namun, sebelum membeli oleh-oleh dan mumpung berada di Kuta, kami mengunjungi Monumen Bom Bali terlebih dahulu di Jalan Legian yang berada di belakang hotel kami menginap. Di perjalanan Mas Anto pun tidak segan-segan untuk bercerita mengenai pengalaman pribadinya terkait bom Bali. Ternyata, pada saat tragedi Bom Bali Mas Anto berada tidak jauh dari Jalan Legian. Lebih tepatnya, Mas Anto baru saja menjemput bule dari Jalan Legian pada malam itu. Baru sampai di sekitaran Mc Donald Kuta Bom terdengar. Tidak terbayang oleh kami bagaimana peristiwa tersebut masih menjadi mimpi buruk bagi Mas Anto walaupun tidak terkena bom itu sendiri. Hal tersebut juga membuat Mas Anto hampir tidak berpenghasilan karena tidak ada bule yang singgah di Indonesia.

Image

Sesampainya kami di Monumen Bom Bali, Mas Anto langsung memarkirkan mobil di lahan kosong yang terdapat di depan monumen. Lahan kosong tersebut terasa ganjil oleh kami. Hal tersebut disebabkan sepanjang jalan ini dipadati oleh kafe dan aneh jika masih ada lahan kosong yang tidak dimanfaatkan menjadi kafe. Mas Anto pun menjelaskan bahwa lahan parkir ini dulunya adalah kafe tempat Bom Bali I meledak. Korban jiwa yang begitu banyak dan sesuai dengan kepercayaan masyarakat Hindu, maka lahan tersebut tidak boleh didirikan kembali dan dibiarkan menjadi lahan kosong. Hal tersebut disebabkan keyakinan masyarakat bahwa masih banyak arwah yang mendiami lahan tersebut sehingga jika didirikan bangunan akan tidak bagus untuk usaha. Dalam monumen ini memperlihatkan daftar nama korban dari Bom Bali. Deretan nama terpampang jelas beserta kewarganegaraan yang disandangnya. Tidak sedikit juga yang tidak mempunyai nama atau belum teridentifikasi tapi untungnya pariwisata di Bali sudah bangkit kembali dari keterpurukan Bom Bali.

Image

Tempat kedua yang kami kunjungi adalah Erlangga. Hampir serupa dengan Krisna maupun Joger, Erlangga juga merupakan tempat oleh-oleh yang bisa dibilang besar dan ramai dikunjungi pengunjung. Tempat ini adalah tempat rekomendasi oleh-oleh dari Mas Anto yang katanya murah dibandingkan dengan tempat lainnya. Berhubung masih pagi juga, kami membeli sarapan pagi dahulu di kantin yang ada di Erlangga. Uang yang harus kami keluarkan untuk makan pagi kali ini adalah Rp10 ribu. Harga tersebut merupakan harga standar, tidak begitu murah dan tidak begitu mahal. Setelah puas memilah oleh-oleh yang akan dibawa pulang ke Jakarta, kami melanjutkan perjalanan ke Pasar Sukowati. Meskipun jarak yang kami tempuh dari Erlangga dan Pasar Sukowati tidak terlalu jauh, tetapi waktu begitu cepat bergerak. Begitu tiba di pasar Sukowati tanpa basa basi kami langsung turun dan menjelajahi pasar ini. Tindakan tawar menawar dan mencari barang yang diinginkan membuat matahari sudah mulai turun dari puncak posisi tertingginya. Kami tidak memiliki banyak waktu di tempat ini. Hal itu disebabkan kami harus cepat-cepat menuju pelabuhan Gilimanuk untuk pulang ke Pulau Jawa.

Image

Awalnya, kami akan diantarkan menuju sebuah angkutan yang memiliki rute Kuta-Gilimanuk. Namun, berkat kebaikan hati Mas Anto dan ketidakpastian informasi jam keberangkatan angkutan tersebut kami diantar oleh Mas Anto menuju ke Pelabuhan Gilimanuk. Lagi-lagi kami dikirimkan oleh Tuhan orang baik yang membantu memperlancar perjalanan kami (Terima kasih Tuhan). Perjalanan yang panjang dari Kuta hingga Pelabuhan Gilimanuk membuat kami merasa agak tidak enak hati dengan Mas Anto. Terlebih lagi, mengantar ke Pelabuhan Gilimanuk tidak disepakati sebelumnya dan menjadi jadwal dadakan. Begitu sampai di Pelabuhan Gilimanuk masing-masing dari kami menambahkan Rp30ribu sebagai tambahan uang mengantar ke Pelabuhan Gilimanuk. Menurut kami, uang segitu sepadan dan bisa dibilang lebih murah daripada naik angkutan yang masih belum jelas harga dan jam keberangkatannya. Apalagi kami diantar naik mobil yang bagus. Kemudian sekitar pukul 19.00 WITA kami naik ke kapal ferry menuju Pulau Jawa dan meninggalkan Pulau Bali. Di Banyuwangi, kami harus menginap atau lebih tepatnya tidur di musala pelabuhan untuk menunggu jam keberangkatan kereta api menuju Malang. Pasalnya, keberangkatan kereta api Banyuwangi-Malang adalah pukul 05.00 WIB. Untuk selebihnya mulai naik kereta api dari Banyuwangi ke Malang sama dengan awal keberangkatan. Hal yang membedakan hanya dari Malang menuju Jakarta kami tidak menggunakan kereta Majapahit lagi, tetapi kereta Matarmaja.

Image

Begitulah perjalanan panjang kami dari Jakarta, Gili Trawangan, Lombok, dan Bali. Perjalanan yang begitu banyak cerita dan pengalaman berharga. Mulai dari suka maupun duka. Semua kami alami dengan hati senang. Ya, semua itu karena kami sedang berlibur. Terlebih lagi adanya teman-teman yang tidak neko-neko membuat liburan lebih menyenangkan. Saran saja bagi yang mau mengikuti jejak liburan kami, kalian harus menyiapkan uang lebih karena kita tidak tahu harga akan naik atau turun. Selain itu, kalian juga harus hemat-hemat di makan ya. Biaya makan kalau dihitung-hitung juga lumayan menghabiskan uang. Bawa aja teri kering tempe, abon atau makanan lainnya yang awet buat beberapa hari jadi kalian tinggal beli nasi saja. Jangan kalap juga jika berbelanja kecuali kalian sudah mengalokasikan dana belanja ya. Terakhir, hal yang paling membuat murah adalah membawa massa yang banyak, seenggaknya tujuh orang. Hal itu dimaksudkan agar jika sewa mobil, hotel, dan sebagainya patungannya lebih murah. Selamat mencoba liburan dan enjoy your vacation!

Berikut ini pengeluaran yang kami keluarkan selama liburan dari Jakarta, Gili Trawangan, Lombok, dan Bali (sudah termasuk patungan bertujuh ya)

Kereta Majapahit Jakarta-Malang (promo)                           Rp100.000,00

Kereta Tawang Alun Malang-Banyuwangi                            Rp50.000,00

Kereta Tawang Alun Banyuwangi-Malang                            Rp50.000,00

Kereta Matarmaja Malang-Jakarta                                        Rp130.000,00

Tiket Kapal Fery Ketapang-Gilimanuk                                   Rp.6.500,00

Bus Gilimanuk-Padang Bai                                                    Rp.50.000,00

Tiket Kapal Fery Padang Bai-Lembar                                    Rp40.000,00

Sewa Mobil Pel.Lembar-Pel.Bangsal                                      Rp.40.000,00

Perahu ke Gili Trawangan                                                      Rp15.500,00

Penginapan di Gili Trawangan selama 2 hari                         Rp80.000,00

Snorkling di Gili Trawangan                                                   Rp100.000,00

Makan di Gili Air                                                                    Rp20.000,00

Makan malam di Pasar Malam Gili Trawangan                      Rp17.000,00

Tiket Kapal Gili Trawangan-Pel.Bangsal                                Rp15.500,00

Tiket masuk Karang Bolong                                                   Rp5.000,00

Makan siang di Lombok                                                         Rp17.000,00

Sewa Mobil di Lombok selama 2 hari                                    Rp90.000,00

Tiket masuk Taman Narmada + Pemandu                              Rp10.000,00

Makan Malam di Lombok                                                      Rp11.000,00

Makan pagi Nasi Belike                                                          Rp8.000,00

Tiket masuk Desa Sasak Sade                                                Rp3.000,00

Tiket masuk Tanjung An + Es Kelapa                                    Rp7.000,00

Penginapan di Lombok selama 2 hari                                     Rp15.000,00

Angkot Mataram-Pelabuhan Lembar                                      Rp15.000,00

Tiket Kapal Fery Pel.Lembar-Pel.Padang Bai                        Rp40.000,00

Sewa mobil Pel.Padang Bai-Kuta                                           Rp50.000,00

Makan di Mc Donald Kuta                                                     Rp22.000,00

Makan pagi di Kuta                                                                Rp7.000,00

Penginapan di Kuta dan sewa mobil 2 hari                            Rp186.000,00

Tiket masuk Tanah Lot                                                           Rp11.000,00

Tiket masuk Uluwatu                                                              Rp15.000,00

Tiket masuk GWK                                                                  Rp40.000,00

Makan siang di GWK                                                             Rp15.000,00

Makan pagi di Erlangga                                                          Rp10.000,00

Oleh-oleh Erlangga dan Pasar Sukowati                                Rp104.000,00

Tambahan uang Kuta-Gilimanuk                                            Rp30.000,00

TOTAL                                                                                  Rp1.388.000,00          

3 comments on “Jakarta, Gili Trawangan, Lombok, Bali V

  1. rina selfia
    September 20, 2014

    Mau tanya, rental mobil yang dipakai namanya apa, bisa kasih tahu nomor telph yang bisa di hubungin,karena tgl 21 sept 14 ini saya akan ke bali, dan perlu sekali orang seperti mas anto untuk minta kesediaannya mengantar dari kuta ke gilimanuk, hubungin saya dinomor 085211185208, email saya sedang tdk bisa diakses di BB jadi mohon mas ditunggu feedbacknya ya.atas pengertiannya terimakasih

  2. ahmad luthfi
    September 22, 2014

    cerita perjalanan yang komplit.. tapi kalo boleh saya minta no telp mas anto.. soalnya rencana saya tahun depan sama dengan cerita perjalanan ini.. jakarta lombok gili dan terakhir ke bali..

    • IKO
      September 29, 2014

      ini nomornya Mas Anto 081999707074. semoga bermanfaat ya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on January 13, 2014 by in Catatan Perjalanan.
%d bloggers like this: