Sekelumit Pikiran

Tak Menentu

Bahasa Surat

Peran penting yang diemban oleh surat memiliki keterkaitan dengan bahasa. Hal tersebut disebabkan bahasa menjadi salah satu faktor keberhasilan penyampaian maksud dan tujuan pembuatan surat. Isi dari surat yang mengandung bahasa yang baik akan berbeda penerimaannya dengan isi surat yang tidak menggunakan bahasa yang baik. Penerimaan ini juga menjadi salah satu kesuksesan komunikasi dalam surat. Bila penerimaan tidak berlangsung baik dapat diasumsikan salah satu faktor ketidakberhasilan disebabkan penggunaan bahasa yang masih kurang baik. Dalam hal ini, kejelasan maksud dan tujuan surat yang dibaca oleh sasaran surat akan berterima jika bahasa yang digunakan jelas, lugas, umum, menggunakan kata baku, dan adanya pemakaian Ejaan Yang Disempurnakan (EYD).

Bahasa yang jelas adalah bahasa yang tidak bertafsir ganda atau memiliki satu pemahaman yang sama bila dibaca oleh banyak pihak. Hal tersebut sangat penting untuk dijadikan penekanan dalam pembuatan surat. Tingkat pentingnya kejelasan ini disebabkan penyampaian informasi dalam surat tidak bisa dibantu dengan alat bantu yang lain agar dapat menjelaskan maksud dan tujuan surat yang masih tersamarkan. Hal tersebut berbeda dengan penyampaian informasi secara lisan atau tatap muka. Penyampaian informasi secara langsung akan dengan mudah dibantu menggunakan mimik muka dan gerak tubuh untuk memperjelas maksud dan tujuan. Hal tersebut membuat faktor kejelasan bahasa menjadi salah satu keberhasilan penyampaian informasi. Aspek kejelasan bahasa dibatasi hanya meliputi kesalahan ejaan. Misalnya, penggunaan tanda koma.

Selanjutnya, bahasa surat yang baik apabila memperlihatkan bahasa yang lugas. Maksud dari kata lugas ini adalah bahasa yang digunakan tidak bertele-tele dan langsung menunjuk permasalahan.Meskipun bahasa yang digunakan harus ekonomis, tetapi tetap harus memerhatikan unsur kelengkapan. Lengkap yang dimaksud adalah maksud dan tujuan yang ingin disampaikan diterima oleh pembaca surat. Biasanya, penyebab ketidaklugasan surat adalah adanya penggunaan ungkapan yang berlebihan. Misalnya, dalam surat terdapat ungkapan demi untuk. Padahal, kedua kata tersebut memiliki arti yang sama. Sebaiknya, pemakaian kata yang digunakan menyebutkan salah satu saja, yaitu kata demi saja atau untuk saja.

Bahasa surat juga seharusnya menggunakan bahasa yang umum. Maksud dari bahasa umum ini adalah bahasa yang digunakan sudah dipakai oleh seluruh lapisan masyarakat dan menjadi bagian dari ragam khas dalam korespondensi. Misalnya, ungkapan bersama ini, dengan hormat, melalui surat ini, dan lain sebagainya. Pemakaian ungkapan tersebut harus digunakan dalam korespondensi. Jika pembuat surat tidak mematuhi kaidah korespondensi, surat tersebut malah terlihat aneh dan pesan yang ingin disampaikan menjadi terasa asing sehingga memengaruhi penerimaan pembaca surat. Selain itu, penggunaan kata baku juga harus menjadi perhatian dalam pembuatan surat. Pembuat surat harus mengetahui kata yang tergolong baku dengan bahasa daerah yang sudah umum digunakan masyarakat. Hal tersebut berbeda karena kaidah bahasa Indonesia berpatokan dengan aturan EYD. Biasanya, banyak orang yang terkecoh karena banyak bahasa yang sudah umum digunakan di masyarakat, tetapi ternyata bahasa tersebut bukan bahasa Indonesia baku. Hal tersebut bisa saja terjadi karena kontak budaya di Indonesia cenderung tinggi. Misalnya, bahasa Indonesia di Jakarta akan terkena pengaruh bahasa Sunda atau bahasa Betawi karena letak geografisnya dekat dengan kedua suku tersebut. Hal itu membuat orang akan sulit membedakan bahasa Indonesia yang asli, bahasa Sunda, atau bahasa betawi yang sudah sering digunakan masyarakat.

 

Sumber:

Finoza, Lamuddin. 2005. Aneka Surat Sekretaris dan Bisnis Indonesia. Jakarta: Diksi Insan Mulia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on June 18, 2014 by in Linguistik.
%d bloggers like this: