Sekelumit Pikiran

Tak Menentu

Peranan Hak Dan Kewajiban Warga Negara

Pada pembekalan Kuliah Kerja Nyata (K2N) Universitas Indonesia tahun 2014 yang pertama (10/5), materi tentang Hak dan Kewajiban Warga Negara disampaikan oleh Bapak Heru Susetyo, S.H., L.L., M.Si., Ph.D. Beliau adalah dosen yang sekaligus menjabat sebagai manajer pendidikan dan kemahasiswaan Fakultas Hukum Universitas Indonesia. Hal pertama yang disampaikan oleh Bapak Heru di Auditorium Gedung I, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya ini adalah pengetahuan tentang hak dan kewajiban. Dalam pembekalan tersebut dijelaskan bahwa tidak semua orang mendapat hak dan kewajiban. Maksudnya, ada orang atau pihak yang tidak mempunyai hak, tetapi memiliki kewajiban. Misalnya, orang kaya saat adanya kegiatan zakat. Dalam hal ini, orang kaya tidak akan mendapat hak untuk memperoleh zakat, tetapi orang kaya tersebut malah mendapat kewajiban membayar zakat. Sebaliknya, orang miskin tidak akan memperoleh kewajiban membayar zakat, tetapi mendapatkan hak untuk memperoleh zakat. Hal tersebut merupakan salah satu contoh kasus dalam perspektif agama.

 

Kemudian pembicara yang juga pernah mengikuti kegiatan K2N saat masih kuliah menyebutkan istilah Duty Bearers. Maksud dari Duty Bearers itu sendiri adalah siapa saja yang mempunyai kewajiban. Hal tersebut merujuk kepada empat pihak, yaitu negara atau pemerintah, masyarakat, individu, dan lembaga masyarakat. Keempat lapisan yang telah disebutkan mempunyai kewajiban yang telah diatur oleh Undang-Undang Dasar (UUD) Republik Indonesia. Semua aspek tersebut harus melaksanakan kewajiban tanpa terkecuali. Tentu saja, setiap aspek atau lapisan tersebut mempunyai kewajiban yang berbeda-beda disesuaikan dengan fungsi sosialnya masing-masing.

 

Setelah itu, penjelasan masuk kepada macam-macam hak. Dalam Ilmu Hukum, hak dibedakan menjadi dua, yaitu positive rights dan negative rights. Postive rights tidak bisa diartikan sebagai hak positif. Positive rights sendiri lebih dapat diartikan sebagai hak yang harus dilakukan pemerintah untuk melayani warga negara. Bisa dibilang, positive rights ini adalah kewajiban negara kepada masyarakat agar masyarakat dapat menjadi sejahtera. Misalnya, hak untuk pendidikan, hak kesehatan, dan hak ekonomi. Sementara itu, negative rights adalah hak pemerintah untuk hanya peduli tanpa campur tangan atau intervensi di dalamnya. Contoh dari negative rights adalah pekara agama. Pemerintah tidak bisa mengatur hal yang berkaitan dengan agama. Hal ini disebabkan agama mempunyai kiblat atau patokan berdasarkan kitab suci agama tersebut.

 

Selanjutnya, ada pula namanya group rights atau hak kelompok. Dalam hal ini, hak kelompok adalah hak yang didasarkan oleh sekumpulan individu yang memiliki kesamaan dalam hal apapun, seperti jenis kelamin, pekerjaan, dan sebagainya. Contoh dari group rights ini adalah hak perempuan, hak migran, hak buruh, dan lain-lain. Selain itu, ada juga namanya rights to developments environments. Hak yang didasarkan pada pembangunan lingkungan ini lebih menekankan kepada masyarakat. Artinya, hak ini adalah hak masyarakat untuk memperoleh pembangunan sosial dan lingkungan dari pemerintah. Saat ini, hak pembangunan lingkungan sedang digadang-gadang oleh berbagai pihak. Hak ini juga menjadi dasar atas implementasi kegiatan K2N Universitas Indonesia. Tidak hanya ikut menyumbang kegiatan pembangunan lingkungan, kegiatan K2N juga diharapkan dapat membentuk karakter individu pesertanya untuk menjadi pribadi yang lebih baik daripada sebelumnya. Oleh karena itu, mempelajari hak dan kewajiban warga negara itu penting sebagai langkah awal untuk menyadarkan masyarakat bahwa ada banyak hak dan kewajiban yang harus diketahui dan perlu dilakukan serta dilakukan pengawasan. Untuk lebih jelasnya, hak dan kewajiban warga negara pada konstitusi dapat dilihat dalam UUD pasal 27.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on July 8, 2014 by in Artikel.
%d bloggers like this: