Sekelumit Pikiran

Tak Menentu

Pemaknaan Ekonomi Kreatif Rhenald Kasali

1538821_4303216476361_6339097772370153246_n

 

Ekonomi kreatif harus dilakukan oleh masyarakat Indonesia untuk mengubah hal-hal yang biasa menjadi luar biasa. Cara yang dilakukan pun harus unik dan mempunyai daya beli yang tinggi agar menguntungkan . konsep ekonomi di sini adalah mencari keuntungan untuk memperoleh kehidupan yang nyaman. Hal ini juga diperhatikan oleh pemerintah. Dalam hal ini, pemerintah membuat atau mengubah nama satu kementerian menjadi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Konsep ekonomi kreatif sudah mulai digalakkan dan dipelopori oleh pemerintah. Syogyanya, masyarakat harus ikut pula menjalankan ekonomi kreatif ini. Terlebih lagi, masyarakat Indonesia mempunyai banyak enterpreneurs atau pengusaha. Hal tersebut harus dilihat sebagai potensi yang dimiliki masyarakat Indonesia. Potensi tersebut harus diarahkan dan disebarluaskan lebih luas lagi. Sektor informal dan UKM juga termasuk ke dalam presentase penyumbang terbanyak jumlah pengusaha di Indonesia. Pengusaha tidak hanya terpaku dalam usaha skala besar. Usaha skala kecil, seperti warung, toko kelontong, dan pedagang kaki lima juga dapat dikategorikan ke dalam kelompok pengusaha.

 

Pemikiran pengusaha pun harus out of the box. Maksudnya, pengusaha harus mampu membuat usaha yang tidak biasa, tetapi mampu menjawab permasalahan kebutuhan masyarakat. Masalah atau kendala yang dihadapi masyarakat harus dipandang sebagai peluang menguntungkan dalam membuat usaha. Jika masalah tersebut dapat diselesaikan, usaha hyang sedang dijalankan tidak hanya mempunyai nilai sosial, tetapi juga nilai ekonomi. Contoh dari bisnis yang menerapkan konsep ekonomi kreatif adalah platform kitabisa.co.id. Usaha yang dilakukan adalah membuat website yang berisi sebagai wadah usaha-usaha kreatif yang akan dipertemukan oleh donatur. Hal ini didasarkan oleh banyaknya ide atau gagasan usaha yang kreatif, namun biasanya terkendala oleh dana. Permasalahan tersebut dicoba oleh kitabisa.co.id untuk diatasi. Bisa dibilang, usaha kitabisa.co.id ini dapat menjaring para donatur dengan usaha kreatif yang membutuhkan dana. Keuntungannya diambil dari sistem bagi hasil antara usaha yang membutuhkan dana dengan kitabisa.co.id. Dengan adanya kitabisa.co.id banyak sekali usaha-usaha kreatif yang dapat dijalankan untuk memajukan negeri ini dalam berbagai cara maupun aspek.

 

10464045_4303213476286_4704743606213924487_n

Contoh lain dari usaha ekonomi keratif adalah Rumah Perubahan Rhenald Kasali di daerah Bekasi, Jawa Barat. Rumah Perubahan tersebut tidak hanya menjadi acuan ekonomi kreatif, tetapi juga social enterprise. Dalam hal ini, isi dari Rumah Perubahan adalah menciptakan berbagai usaha yang dapat menguntungkan sekaligus mendidik masyarakat. Usaha yang dilakukan di Rumah Perubahan adalah menanam buah dan sayur organik atau tanpa bahan kimia. Selain itu, ada pula tempe yang terbuat dari air embun. Air yang dihasilkan oleh embun akan membuat rasa tempe serta kualitasnya menjadi lebih baik dibandingkan tempe pada umumnya. Ide menggunakan air embun ini dibuat untuk memudahkan usaha jika tidak ada air. Hal ini disebabkan oleh kondisi embun yang akan selalu ada pada pagi hari sehingga pengusaha tidak perlu khawatir bila musim kemarau datang. Pengubahan dari embun menjadi air dilakukan dengan menggunakan mesin berbentuk seperti generator. Meskipun harga tempe ini tergolong lebih mahal dibandingkan tempe yang dijual di pasaran, tetapi tempe tersebut juga lebih sehat. Tempe tersebut dijual di sekitar Rumah Perubahan dan menjadi pasokan utama tempe di berbagai hotel berbintang di Jakarta.

10303466_4303201795994_1537947618657918784_n

 

Dari berbagai contoh dari usaha kreatif tersebut, dapat ditarik satu pemahaman bahwa memulai usaha harus dilakukan mulai dari diri sendiri. Jangan hanya terpaku kepada usaha yang mau jika beramai-ramai. Hal tersebut akan membuat usaha yang sedang dirintis tidak akan jadi atau terealisasi. Hal tersebut disebabkan jika beramai-ramai, orang pasti akan mengandalkan orang lain untuk mulai bergerak. Jika hal tersebut terjadi, maka usaha tidak akan mulai karena tidak adanya penggerak. Sebaliknya, jika mulai dari diri sendiri yang melakukan usaha, orang lain dengan sendirinya akan ikut bergabung dan membantu usaha tersebut. Hal tersebut yang dilakukan oleh pendiri kitabisa.co.id dan Rumah Perubahan. Kedua usaha tersebut berawal dari kemauan satu individu untuk melakukan usaha. Akan tetapi, lama-kelamaan usaha yang ditekuni akan diikuti oleh orang lain sehingga usaha akan dapat berkembang lebih pesat lagi. Rasa tidak enak juga harus dibuang jauh-jauh dari pemikiran dalam memulai usaha. Jika memulai suatu usaha dapat dipastikan rasanya tidak akan enak. Hal tersebut disebabkan belum tahunya dan usaha sejenis yang belum berkembang membuat pendiri usaha harus berjuang di tengah badai. Kondisinya akan lain jika usaha tersebut sudah berkembang dengan melewati badai tersebut. Otomatis, usaha yang terasa tidak enak akan menjadi enak atau nikmat. Oleh karena itu, pengusaha harus memperkuat mental dan fisik untuk menembus berbagai permasalahan yang akan datang menimpa. Ingat tujuan awal mendirikan usaha dan hasil yang diinginkan untuk menjadikan Indonesia lebih baik lagi. Dijamin, hal-hal yang telah diutarakan akan membuat semangat dan tekad tidak akan tergoyahkan sebagai seorang pengusaha.  

  

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on July 20, 2014 by in Bebas.
%d bloggers like this: