Sekelumit Pikiran

Tak Menentu

Bank Sampah: Usaha Penyelamatan Lingkungan

Masalah kepadatan penduduk masih menjadi permasalahan yang belum dapat teratasi. Sebenarnya, banyak cara yang telah dilakukan pemerintah untuk mengurangi kepadatan penduduk. Mulai dari transmigrasi hingga penyuluhan penggunaan alat kontrasepsi belum juga dapat mengatasi permasalahan tersebut. Padahal, program tersebut masih berlanjut hingga sekarang. Namun, penduduk Indonesia yang sudah banyak mengikuti program tersebut hanya dapat mengurangi sebagian kecil populasi penduduk saja. Faktanya, kepadatan penduduk di Indonesia sebegaian besar disumbang oleh Pulau Jawa, khususnya Jawa Barat. Hal tersebut seharusnya menjadi perhatian penuh pemerintah. Hal tersebut disebabkan kepadatan penduduk akan membuat berbagai masalah baru dalam berbagai aspek. Contoh yang dapat diambil dalam aspek kepadatan penduduk adalah semakin banyak penduduk, maka semakin banyak pula jumlah sampah. Hal tersebut juga berdampak pada aspek lainnya, seperti bencana banjir, masalah kesehatan, dan kemiskinan. Salah satu aspek saja seperti sampah semakin lama semakin banyak bila tidak segera ditangani, terutama di daerah perkotaan. Bahkan, daerah perkotaan yang berada di hilir juga akan gterkena dampak dari banyaknya sampah yang ada di daerah pegunungan atau hulu.

Kompleksitas permasalahan sampah ini perlu ditangani dengan strategi pengelolaan sampah yang memadai dan komprehensif atau menyeluruh. Fasilitas dari pemerintah juga harus didukung untuk mengangkut sampah yang telanjur hanyut bersama derasnya air di sungai atau kali. Kemudian peningkatan kesadaran masyarakat juga menjadi aspek penting agar pemerintah juga tidak terlalu berat kerjanya dalam menangani masalah sampah. Jika pemerintah tidak terlalu berat mengangkut sampah, maka pemerintah akan bisa beralih kerja dengan meningkatkan aspek lain, seperti penggusuran daerah kumuh, perbaikan pintu air, dan memperbanyak waduk serta taman kota. Hal tersebut bila direalisasikan akan dapat menggali potensi ekonomi sehingga masyarakat akan lebih sejahtera.

Selagi menunggu kinerja pemerintah ada baiknya kita sebagai masyarakat yang mengerti dan peduli lingkungan harus melakukan sesuatu kegiatan untuk menjaga lingkungan. Hal tersebut yang dilakukan Pak Kusdiyanto. Meskipun ia adalah sarjana ekonomi, tetapi keprihatinan dan kepeduliannya terhadap lingkungan mendorongnya menciptakan program yang bernama Bank Sampah. Program tersebut dapat diartikan sebagai kegiatan menabung, barter, atau simpan pinjam yang anorganik dari sampah yang memiliki nilai ekonomi. Pada prinsipnya, mekanisme prosesnya sama seperti bank, tetapi objeknya sampah. Hal ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan. Maksud dari program ini juga dapat menghasilkan uang. Masyarakat akan mendapat imbalan dari usahanya mengurangi sampah tersebut. Hal ini diharapkan akan dapat menimbulkan minat terhadap program ini. Program yang termasuk ke dalam kegiatan ekonomi kreatif dan lingkungan ini mampu menghasilkan uang dalam jumlah yang tidak sedikit. Sampah yang terkumpul tersebut oleh Bank Sampah akan diolah menjadi berbagai kerajinan tangan yang dapat imanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Hasil produk sampah dari Bank Sampah ini ada yang berupa tas, robot, hiasan, dan lain sebagainya. usaha positif yang membantu meyelamatkan lingkungan ini sangat sayang bila tidak dilanjutkan atau dikembangkan. Oleh karena itu, sebagai orang yang berpendidikan, usaha kreatif ini perlu menjadi perhatian dan direalisasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on July 30, 2014 by in Artikel, Bebas.
%d bloggers like this: