Sekelumit Pikiran

Tak Menentu

Kunjungan ke Perusahaan Tambang Batu Bara di Desa Long Loreh

Bara Dinamika Muda Sukses (BDMS) adalah perusahaan batu bara yang mengeksploitasi lahan batu bara yang ada di desa Long Loreh. Salah satu perusahaan dari tiga perusahaan sejenis yang mengambil batu bara ini tidak hanya mengangkut isi perut bumi tetapi ikut memberikan sumbangsih pembuatan jalan. Meskipun jalan tersebut seharusnya hanya boleh dilewati mobil bermuatan berat, tetapi keterbatasan akses jalan dari satu desa ke desa lain membuat jalan khusus tambang tersebut menjadi jalan akses desa ke desa lain. Dalam hal ini, perusahaan tidak bisa berbuat apa-apa karena kasihan juga masyarakat desa jika tidak melewati ja;an khusus tambang. Hal ini disebabkan tidak ada akses jalan lain dan jarak tempuh yang sangat jauh.

DSC05425DSC05351 DSC05343 DSC05346 GFI DSC05346 - Copy DSC05361DSC05354

Perusahaan yang sudah mengeruk batu selama hampir 10 tahun ini tidak hanya menghasilkan pendatang yang meramaikan Desa Long Loreh. Perusahaan ini juga ikut memberikan kontribusi berupa program CSR dan tidak mencemari lingkungan sekitar lahan eksploitasi. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil keluaran air hasil limbah dari penambangan batu bara yang sudah sesuai dengan standar pemerintah. Standar yang ditetapkan pemerintah adalah hasil limbah penambangan berupa air bersih. Pemaknaan air bersih ini yang sering memiliki arti yang berbeda dengan masyarakat. Dalam hal ini, air bersih adalah air yang memiliki kandungan-kandungan tidak berbahaya, sedangkan masyarakat beranggapan bahwa air bersih adalah air jernih. Perlu dipahami bersama bahwa air bersih dan air jernih merupakan dua hal yang berbeda. Air bersih belum tentu jernih, tetapi air jernih sudah pasti bersih. Air sungai yang keruh dan berwarna kecoklatan dianggap masyarakat bahwa air limbah tambang sudah mencemari sungai. Padahal, standar yang pemerintah terapkan adalah air bersih. Perbedaan hanya ada dalam pola pikir masyarakat itu sendiri. Meskipun air masih berwarna kecoklatan, tetapi air tersebut memiliki kandungan yang tidak membahayakan.

DSC05380 DSC05376 DSC05368 DSC05395 DSC05396 DSC05389 - Copy DSC05397 DSC05405 DSC05415DSC05386

Tidak hanya itu, perusahaan juga membuat lahan reklamasi untuk penyeimbang atau bisa dibilang pengganti lahan eksploitasi. Lahan reklamasi tersebut adalah lahan yang didalamnya ditumbuhi berbagai tanaman maupun buah-buahan yang nantinya akan ditanam secara permanen. Sebelum hal tersebut dilakukan, para pakar kehutanan maupun biolog dari perusahaan melakukan penanaman di dalam pot atau wadah kecil hingga tanaman tersebut siap untuk ditanam di tanah yang seharusnya. Hl tersebut akan dilakukan jika kegiatan penambangan telah selesai. Tujuannya, lahan eksploitasi yang telah dikeruk akan dikembalikan seperti semula alias mengembalikan hutan yang telah dilibas. Usaha lainnya yang dilakukan perusahaan BDMS untuk mengganti kerusakan akibat kegiatan penambngan ada banyak sekali melalui program Corporate Social Responsibility (CSR). Mulai dari pemberian solar untuk mengalirkan listrik ke desa, pembuatan pipa air, pemasangan panel surya, hingga pendanaan lomba hari kemerdekaan pernah dilakukan perusahaan ini. Hanya saja, perusahaan masih menyayangkan sikap dan pola pikir masyarakat Desa Long Loreh yang belum mandiri dan masih sangat ketergantungan dengan perusahaan. Pola pikir masyarakat yang mau enaknya saja dan tidak berpikir jangka panjang membuat banyak fasilitas tidak berfungsi. Perusahaan menakutkan bila kegiatan tambang usai, Desa Long Loreh akan mengalami kemunduran dan kembali ke masa sebelum adanya kegiatan penambangan. Terlebih lagi, pemerintah kurang memperhatikan desa ini sehingga akan sulit jika mengandalkan pemerintah.

DSC05490 DSC05430 DSC05431 DSC05438 DSC05446 DSC05451 DSC05456 DSC05512

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on March 20, 2015 by in Bebas.
%d bloggers like this: