Sekelumit Pikiran

Tak Menentu

Penyuluhan Empat Indikator Pola Hidup Bersih dan Sehat di Posyandu Desa Long Loreh, Pelancau, dan Sengayan

Pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) Desa Long Loreh setiap tahunnya mendata pola hidup bersih dan sehat masyarakat desa ini. Pola Hidup Bersh dan Sehat (PHBS) sendiri memiliki sepuluh indikator untuk menetapkan perilaku kesehatan masyarakat. Sepuluh indikator untuk menetapkan perilaku kesehatan masyarakat. Sepuluh indikator tersebut adalah ASI Eksklusif, tidak merokok dalam rumah, air bersih, pemberantasan jentik nyamuk, persalinan dilakukan oleh tenaga kesehatan, jamban sehat, adanya kegiatan fisik, makan makanan bergizi, cuci tangan menggunakan sabun, dan menimbang balita secara rutin. Dari sepuluh indikator tersebut, ada empat indikator yang masih harus disosialisasikan kepada masyarakat. Hal ini disebabkan empat indikator tersebut mempunyai nilai presentase yang rendah. Nilai yang rendah tersebut menunjukkan bahwa masyarakat masih belum melakukan empat indikator tersebut.

Indikator yang masih perlu mendapat perhatian lebih adalah ASI Eksklusif, tidak merokok dalam rumah, air bersih, dan pemberantasan jentik nyamuk. Empat indikator tersebut sebenarnya saling berhubungan satu dengan yang lainnya. Semua itu akan berdampak kepada kesehatan masyarakat sendiri. Hal tersebut terbukti dari adanya wabah demam berdarah di desa ini. Adanya wabah demam berdarah ini membuktikan indikator pola hidup bersih dan sehat memang belum dijalankan sepenuhnya. Untuk itu, perlu adanya penyuluhan terkait empat indikator yang masih belum dijalankan warga. Salah satu tempat yang sekiranya ada warga yang berkumpul adalah Posyandu. Hal ini disebabkan kegiatan posyandu di desa ini dilakukan secara rutin sehingga peserta penyuluhan dapat diperkirakan jumlahnya berdasarkan jumlah pengunjung Posyandu. Bisa dibilang, Posyandu merupakan tempat berkumpul masyarakat, khususnya ibu-ibu yang mempunyai balita selain gereja.

Kegiatan penyuluhan empat indikator pola hidup bersih dan sehat ini dilakukan di tiga desa, yaitu Desa Pelancau, Long Loreh, dan Sengayan. Penyuluhan yang dilakukan di Posyandu Long Loreh berjalan lancar. Ibu-ibu Desa Long Loreh sudah memiliki wawasan seputar empat indikator yang disampaikan terkait pola hidup bersih dan sehat. Hal tersebut terlihat dari interaksi peserta penyuluhan dengan penyuluh. Peserta penyuluhan mampu menjawab pertanyaan yang dilontarkan penyuluh. Meskipun demikian, ada banyak faktor yang membuat beberapa indikator tersebut masih belum dilakukan masyarakat. Misalnya, kebiasaan merokok dalam rumah. Dalam hal ini, ibu-ibu sudah tidak bisa memberitahu suaminya untuk tidak merokok dalam rumah. Hal tersebut disebabkan rokok telah menjadi bagian dari hidup kaum laki-laki di desa ini sejak usia dini. Efek nikotin telah melekat dan jauh dipisahkan oleh pengguna rokok.

Begitu pula dengan masalah penyediaan air bersih. Tempat penampungan yang biasa disebut di desa ini adalah profil tank. Nah, profil tank ini tidak dimiliki oleh setiap rumah tangga karena harganya yang lumayan mengurangi isi kantong. Bagi yang tidak memiliki profil tank, masyarakat menampung air di bak-bak yang besar. Namun, keadaan listrik yang hanya ada pada pukul 18.00-24.00 WITA membuat masyarakat menyimpan banyak-banyak saat ada listrik. Tempat penampungan pun tidak pernah dikuras. Alasannya, air yang ada di bak sangat sayang bila dibuang begitu saja. Pasalnya, saat siang hari listrik tidak menyala sehingga air pun tidak menyala. Faktor ekonomi membuat tempat penampungan masih belum layak. Seharusnya, hal ini perlu diperhatikan pemerintah. Adanya penyediaan profil tank bagi masyarakat yang belum punya dirasa cocok untuk meningkatkan pola hidup bersih dan sehat di desa ini.

Sementara itu, dari sisi interaksi peserta dengan penyuluh Posyandu yang paling banyak ibu-ibu yang bertanya adalah Posyandu Desa Pelancau. Hal ini disebabkan Desa Pelancau memang terkenal dengan tingkat ekonomi yang rendah sehingga kebanyakan ibu-ibu tidak mengetahui beberapa indikator yang disampaikan. Antusias ibu-ibu membuat suasana penyuluhan menjadi hidup. Ketidaktahuan ibu-ibu ini membuat mereka menarik perhatian lebih kepada kami saat penyuluhan berlangsung. Hal ini menandakan bahwa ibu-ibu di Desa Pelancau tidak pernah mendapat penyuluhan serupa atau sejenis. Padahal, ibu-ibu ini sangat senang dan membutuhkan informasi mengenai pola hidup bersih dan sehat. Hal ini berbeda dengan Desa Long Loreh yang kebanyakan sudah mengetahui informasi beberapa indikator PHBS. Hal ini disebabkan ibu-ibu Desa Long Loreh banyak yang bekerja di pemerintahan sebagai guru maupun di kantor camat atau desa. Begitupun dengan keadaan posyandu Sengayan. Di Posyandu ini ibu-ibu banyak yang sudah mengetahui informasi yang disampaikan terkait indikator PHBS. Pertanyaan pun hanya sedikit yang dilontarkan ibu-ibu di Desa Sengayan.

Di sisi lain, pada pelaksanaan kegiatan Posyandu anak yang baru berusia 0-2 tahun telah diberikan bubur kacang hijau dan susu formula. Bubur kacang hijau sebenarnya masih belum boleh diberikan. Hal tersebut disebabkan anak usia 0-2 tahun seharusnya masih harus diberikan ASI saja. Jika tetap diberikan ada kekhawatiran pencernaan anak akan terganggu. Pembinaan susu formula juga sangat disayangkan. Padahal, anak yang diberikan ASI Eksklusif sampai usia dua tahun memiliki kecenderungan lebih pintar dibandingkan anak yang meminum susu formula. Pemberian susu formula ini juga tidak baik dan tidak mendidik. Bisa saja, ibu yang ASI-nya keluar tidak memberikan ASI karena mendapat susu formula. Seharusnya, pihak Posyandu menyadari hal tersebut dan tidak membagikan susu formula dan bubur kacang hijau. Jika Posyandunya benar, kesehatan anak akan lebih terjamin.

_DSC5864 _DSC5870 _DSC5885 _DSC5887 _DSC5893 _DSC5899 _DSC5902 _DSC5906 _DSC5917 _DSC5927 _DSC5933 _DSC5936 _DSC6050 _DSC6054

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on March 24, 2015 by in Bebas.
%d bloggers like this: