Sekelumit Pikiran

Tak Menentu

Tiga Usaha Meningkatkan Pendapatan Keluarga sebagai Ibu Rumah Tangga.

Di zaman seperti sekarang, semua harga bahan kebutuhan pokok terus meningkat. Kenaikan harga-harga itu pun tak menentu datangnya. Sementara itu, gaji suami tidak mengalami peningkatan yang setara dengan kenaikan kebutuhan bahan pokok tersebut. Untuk itu, sebagai ibu rumah tangga Anda juga harus mengambil tindakan tanpa harus mengabaikan kewajiban mengurus anak. Penambahan pendapatan tersebut dapat digunakan untuk menutupi kekurangan kebutuhan pokok atau sekadar menambah tabungan pada masa tua.

Di bawah ini ada tiga usaha yang dapat dilakukan ibu rumah tangga di sela kesibukan sehari-hari mengurus anak.

 

1. Buka Toko di Rumah maupun Online Shop

Jika Anda tinggal di kompleks perumahan yang akses ke berbagai tempat terbilang jauh, usaha buka toko di rumah bisa menjadi salah satu rekomendasi yang dapat meningkatkan pendapatan keluarga. Untuk jenis tokonya, mulailah dengan menjual barang kebutuhan sehari-hari dan alat tulis sekolah. Biasanya, dua hal tersebut yang sekiranya paling umum dan sering dicari orang. Di luar dari dua jenis tersebut, Anda bisa mencari tahu sendiri jenis toko apa yang menjadi kebutuhan di sekitar rumah Anda.

Jenis usaha ini juga sangat mudah dilakukan. Hal ini disebabkan tidak akan menganggu keseharian Anda dalam mengurus rumah maupun anak. Jadi, Anda masih dapat mengawasi anak sekaligus menambah pendapatan keluarga. Waktu buka tokonya pun bisa fleksibel dan disarankan untuk membuka toko bila segala urusan harian rumah tangga Anda telah selesai.

Bahkan, zaman yang super canggih saat ini Anda bisa saja membuka online shop tanpa harus buka toko di rumah. Selain tidak perlu modal besar untuk melakukan usaha jenis ini, online shop juga memungkinkan Anda untuk meraup keuntungan yang sangat besar. Hal ini disebabkan jangkauan jaringan dari online shop ini bisa sampai seluruh Indonesia. Bahkan, Anda bisa melakukannya tanpa modal karena online shop menggunakan sistem pre order yang mengharuskan pembeli membayar terlebih dahulu ke Anda sebelum mendapatkan barang tersebut.

 

2. Usaha Katering

Bagi yang memiliki hobi memasak, usaha katering menarik untuk dicoba. Pasalnya, usaha jenis ini saat ini sangat dicari, terutama di daerah perkotaan. Sasaran target katering ini bisa mulai dari anak sekolah hingga karyawan kantoran. Hal ini membuat Anda yang mau melakukan usaha katering tidak perlu takut tidak ada pangsanya.

Untuk sasaran sekolah, bisa mencoba di sekolah tempat anak Anda. Coba dekati guru dan ajak anak Anda ikut mempromosikan usaha katering Anda. Perlu diingat, hal ini hanya bisa dilakukan jika sekolah anak Anda pulang hingga sore hari ya. Dengan adanya katering ini, orang tua yang khawatir akan kehigienisan makanan kantin akan beralih memilih katering Anda.

“Dulu, saya juga termasuk salah satu siswa yang berlangganan katering di sekolah pada saat SD. Hal ini disebabkan jam pulang sekolah saya waktu itu sampai jam tiga sore”. (pengalaman pribadi)

Kantor tempat suami Anda bekerja juga bisa menjadi sasaran empuk untuk menggaet pangsa katering. Faktanya, kebanyakan karyawan sekarang sudah mulai bosan dengan menu makanan di kantin kantor yang itu-itu saja dan beralih ke katering, di samping harga juga lebih terjangkau. Terlebih lagi, karyawan yang memilih katering tidak perlu ribet karena kateringnya akan diantar.

Hal yang perlu Anda lakukan adalah memberdayakan tetangga Anda yang juga membutuhkan pendapatan tambahan untuk membantu memasak. Selanjutnya, Anda juga dapat memberdayakan tukang ojek di dekat rumah Anda untuk membawa katering. Tidak hanya menambah pendapatan keluarga sendiri, pendapatan tambahan keluarga lain pun juga dapat terisi dengan memberdayakan orang di dekat rumah Anda.

 

3. Jadi Agen Asuransi

Apakah Anda termasuk orang yang aktif mengikuti berbagai kegiatan di sekitar rumah atau sering bertemu para ibu di sekolah anak Anda? Bila jawabannya iya, menjadi agen asuransi mungkin cocok untuk Anda. Banyaknya orang yang sering Anda temui akan sangat sayang bila tidak dimanfaatkan untuk menambah pendapatan keluarga. Maksudnya, banyak teman atau kolega Anda itu akan sangat potensial bila Anda menjadi agen asuransi. Selain Anda dapat mengedukasi teman-teman Anda mengenai perencanaan keuangan dan masa depan, Anda juga mendapatkan tambahan pendapatan yang tidak kecil.

Hal ini disebabkan agen asuransi mendapatkan royalti atau honor rata-rata sebesar 30% dari harga premi yang dibayarkan oleh teman atau kolega Anda yang mendaftar melalui Anda. Coba bayangkan, bila Anda dapat meyakinkan teman Anda yang sanggup membayar premi 100 juta, maka Anda akan mendapatkan 30 juta dari hasil menjadi agen asuransi tersebut. Lumayan, bukan?

Meskipun demikian, meyakinkan teman atau kolega dapat terbilang susah-susah gampang. Untuk itu, diperlukan kesabaran dan ketelatenan bila Anda memilih menjadi agen Asuransi untuk menambah pendapatan keluarga. Anda juga harus menjaga hubungan baik dengan siapa saja yang Anda temui saat menunggu anak di sekolah hingga mengikuti kegiatan PKK di dekat rumah dan sebagainya. Kepribadian menarik sangat diperlukan untuk mengundang kepercayaan orang lain kepada Anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on March 24, 2015 by in Artikel, Bebas.
%d bloggers like this: