Sekelumit Pikiran

Tak Menentu

Jelajahi Tempat Syuting Film Laskar Pelangi di Pulau Belitung

Film Laskar Pelangi yang diadaptasi dari novel yang berjudul sama garapan Andrea Hirata ini ternyata membawa dampak positif bagi masyarakat Pulau Belitung. Pasalnya, berkat film ini wisata di Pulau Belitung semakin ter-eksplore. Bahkan, semenjak hadirnya film ini destinasi wisata di Pulau Belitung pun bertambah.

Kebanyakan destinasi wisata ini populer setelah menjadi tempat syuting film. Mau tahu apa saja tempat syuting film Laskar Pelangi yang menjadi destinasi wisata unggulan Pulau Belitung? Check this out!

 

1. Pantai Tanjung Tinggi

belitung2

Sumber: http://www.shrayaresidence.com/

Masih ingat bebatuan tinggi dan besar saat anak-anak laskar pelangi ke pantai? Pantai tersebut bernama Pantai Tanjung Tinggi. Pantai yang terletak di Kecamatan Tanjung Pandan ini sangat sayang untuk dilewatkan. Panorama yang indah antara tumpukan bebatuan dan laut biru benih ini menjadi tempat yang menarik bagi para photo hunter.

belitung4.jpg

Sumber: Dokumentasi pribadi

 

2. SD Muhammadiyah Gantong

belitung3

Sumber: youtube.com

Sekolah yang menarik perhatian banyak orang dengan adanya guru teladan seperti Bu Mus di dalamnya membuat replika sekolah dasar ini menjadi obyek wisata yang bagus. Meskipun hanya replika, bangunan yang dibuat lagi menyerupai aslinya untuk keperluan syuting ini tetap dipertahankan. Dengan mengunjungi SD Muhammadiyah Gantong ini, Anda akan dapat merasakan atmosfer sekolah zaman dahulu layaknya di film Laskar Pelangi.

belitung5

Sumber: Dokumentasi pribadi

 

3. Bendungan Pice

belitung6

Sumber: http://blog.lakupon.com/

Bendungan ini berada di Kecamatan Gantung, tidak jauh dari SD Muhammadiyah Gantong. Anda pasti akan melewati bendungan ini bila menuju ke arah Kota Manggar. Bendungan peninggalan Belanda ini masih kokoh berdiri dan sempat menjadi salah satu tempat yang dilewati oleh pemain Laskar Pelangi.

 

4. Galeri Laskar Pelangi

belitung7

Sumber: Dokumentasi pribadi

Museum Kata atau orang sering menyebut juga dengan Galeri Laskar Pelangi adalah tempat wajib untuk dikunjungi. Penyebutan demikian disebabkan museum ini banyak memuat mengenai dokumentasi Film Laskar Pelangi sehingga orang-orang lebih suka menyebut Galeri Laskar Pelangi. Sekadar informasi, bangunan rumah yang dijadikan Museum Kata ini merupakan rumah penulis novel Laskar Pelangi, yaitu Andrea Hirata.

 

5. Open Pit (Eks Tambang Timah)

belitung8

Sumber: belitong.files.wordpress.com

Bekas area pertambangan timah di Kecamatan Kelapa Kampit, Belitung Timur ini cocok bagi Anda yang penasaran dengan area tambang. Tidak hanya menambah wawasan, Anda juga akan belajar sedikit mengenai apa itu timah dan penghidupan pekerja timah itu sendiri.

 

6. Mercusuar di Pulau Lengkuas

belitung9

Sumber: youtube.com

Mercusuar yang menjadi icon Kota Tanjung Pandan ini sangat layak dikunjungi. Meskipun tidak menjadi lokasi syuting Film Laskar Pelangi, tempat wisata ini bagus untuk mengabadikan momen. Laut yang masih sangat biru dan jernih sangat memanjakan mata. Bikin sedap mata deh! Apalagi Anda dapat menaiki mercusuar ini dan melihat pemandangan di atad mercusuar.

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on December 4, 2015 by in Bebas.
%d bloggers like this: