Sekelumit Pikiran

Tak Menentu

Kemudahan Solo Backpacker

Tentunya, Anda pasti sudah sering mendengar istilah backpacker. Sebutan bagi pecinta travelling dengan budget terbatas ini sekarang banyak dilakoni oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Bahkan, banyak pria yang menggunakan gaya jalan-jalan ala ransel ini seorang diri.

Namun, Anda tidak perlu khawatir bila melakukann solo backpacker ini. Justru, banyak sekali kemudahan yang akan membuat pengeluaran Anda semakin kecil dengan menggunakan gaya jalan-jalan seperti ini.

Berikut beberapa kemudahan yang akan Anda dapatkan ketika melakukan solo backpacker.

 

1. Gampang Menginap di Rumah Warga Setempat

mudah1

Sumber: layarkosong.files.wordpress.com

Kemudahan ini memang akan sangat menekan budget liburan Anda. Bagaimana tidak, pengeluaran menginap di hotel atau tempat bermalam lainnya termasuk ke dalam pengeluaran yang besar dalam melakukan travelling selain konsumsi dan transportasi. Biaya akomodasi ini bisa ditekan dengan menginap di rumah warga setempat dengan alih-alih Anda tidak memiliki biaya ekstra untuk menginap.

 

2. Peluang Dapat Makan Gratis Sangat Besar

mudah2

Sumber: http://wisata.kompasiana.com/

Untuk kemudahan ini biasanya sudah include dengan tempat Anda menginap gratis. Kebanyakan orang pasti akan iba dengan para backpacker yang melakukan solo trip. Namun, Anda jangan terlalu lama menumpang menginapnya. Paling tidak satu malam saja untuk satu rumah agar tidak merepotkan.

 

4. Dapat Tour Guide Gratis

mudah3

Sumber: http://www.synotrip.com/

Hal ini akan dapat Anda rasakan ketika menumpang menginap di rumah orang yang juga menyukai jalan-jalan. Tidak hanya diantar ke tempat wisata yang unpredictable, tetapi Anda juga akan mendapat berbagai informasi seputar daerah setempat dengan sangat rinci. Terlebih bagi Anda pecinta fotografi, Anda akan senantiasa ditunjukkan spot-spot yang paling keren di tempat itu.

 

5. Mudah Menumpang Kendaraan

mudah4

Sumber: http://www.sigit.in/

Sebelumnya telah dijelaskan bahwa ada tiga aspek yang membutuhkan pengeluaran besar dalam melakukan  travelling, salah satunya adalah transportasi. Biaya transportasi ini dapat diminimalisasi dengan menumpang kendaraan berat seperti truk dan sejenisnya agar sampai di lokasi tujuan wisata yang Anda inginkan. Meskipun demikian, Anda juga harus selektif dalam memilih kendaraan untuk ditumpangi.

 

6. Tidak Perlu Ribet

mudah5

Sumber: http://letsescape.me/

Gambar di atas adalah salah satu contoh keribetan saat Anda melakukan backpacker dalam jumlah yang banyak. Terlebih lagi, jika barang bawaan partner Anda sangat banyak sehingga Anda dan rombongan harus memerlukan waktu yang lama untuk mobilisasi dari satu tempat ke tempat lainnya. Sebaliknya, hal tersebut tidak akan terjadi kepada Anda yang melakukan solo backpacker.

 

7. Tidak Perlu Mengeluarkan Uang Ekstra

mudah6

Sumber: denbima.wordpress.com

Biasanya, dalam travelling selalu ada saja pengeluaran tidak terduga bersama rombongan. Entah itu karena jumlah rombongan yang banyak sehingga kamar hotel harus kena tambahan biaya atau berbagai kondisi lainnya. Tentu saja, hal tersebut tidak akan terjadi dengan solo backpacker. Bahkan, Anda jauh bisa meminimalisasi pengeluaran.

 

8. Bebas Berfoto Hingga Puas

mudah7

Sumber: http://www.desiglobetrotter.com/

Hal membuat agak kesal bila melakukan travelling bersama rombongan adalah tidak mempunyai waktu yang cukup untuk merekam panorama alam dengan berfoto. Terlebih lagi, bila partner anda tidak membawa kamera sendiri. Waktu bisa habis untuk bergantian berfoto apalagi kalau partner anda egois. Untuk mengantisipasi hal itu, solo backpacker solusinya.

 

9. Tidak Terikat oleh Apapun atau Bebas

mudah8

Sumber: http://favim.com/

Kebebasan merupakan hal mutlak yang dicari oleh para backpacker. Untuk itu, kebebasan jangan sampai terusik gara-gara salah membawa partner. Selain tidak mengenakkan, salah membawa partner juga akan merenggut kebebasan Anda karena faktor di luar Anda. Tidak mau kan Anda harus menyudahi perjalanan karena bergantung kepada teman?

 

10. Makan Apapun yang Anda Suka

mudah9

Sumber: http://makanjogja.com/

Banyak sekali destinasi wisata di Indonesia yang menyuguhkan panorama pantai yang indah dan menakjubkan. Keindahan itu lebih nikmat dengan adanya berbagai hidangan laut yang menggugah selera. Namun, kenikmatan tersebut bisa terganggu karena adanya partner yang alergi terhadap makanan laut. Azas pertemanan pun membuat Anda harus merelakan tidak menyantap makanan laut tersebut dan mencari makanan yang bisa disantap bersama-sama. Padahal, Anda tidak bisa menikmati hidangan tersebut jik tidak berada di tempat tersebut. Oleh sebab itu, backpackeran sendirian akan membuat Anda bebas menikmati berbagai makanan khas daerah tujuan wisata.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on December 4, 2015 by in Bebas.
%d bloggers like this: