Sekelumit Pikiran

Tak Menentu

Festival-Festival Menarik di Indonesia

Penyuka traveling wajib datang ke berbagai festival ini.

Kekayaan budaya yang dimiliki Indonesia memunculkan beragam jenis festival yang akan sangat sayang bisa dilewatkan begitu saja.

 

1. Festival Lembah Baliem di Jayawijaya, Papua

festival

Sumber: http://www.yukpegi.com/

Festival tahunan ini diadakan di Usilimo, Kabupaten Jayawijaya, Papua. Pada festival ini, Anda akan dapat melihat beragam suku di Dataran Tinggi Wamena dan Lembah Baliem. Berbagai suku tersebut berkumpul dan melakukan berbagai atraksi perang atau dapat dikatakan simulasi perang. Tenang saja, namanya juga simulasi jadi Anda tidak perlu khawatir bila perang tersebut akan menjadi serius walaupun perang suku masih sangat tinggi di Papua. Uniknya, simulasi perang ini diiringi oleh musik tradisional yang bernama pikon. Lagu yang dimainkan pun berasal dari suasana hati pemain musik tersebut.

Festival dua hari ini juga menampilkan berbagai atraksi lainnya, seperti tarian tradisional Papua, balapan babi, lempar tombak (sege), lontar rotan, panahan, sikoko dan masih banyak lagi. Namun, untuk atraksi lomba lempar sege dan panahan dikhususkan kepada wisata mancanegara sebagai penghormatan atas kunjungannya. Pokoknya, Anda tidak akan rugi deh jauh-jauh ke Papua untuk menyaksikan festival ini.

 

2. Festival Meriam Karbit di Pontianak, Kalimantan Barat

festival1

Sumber: http://travelblog.ticktab.com/

Festival yang dijadikan ajang perlombaan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Barat dan Kota Pontianak ini menjadi daya tarik tersendiri. Bagaimana tidak, festival yang menampilkan meriam ini masih menggunakan bahan-bahan alami. Selain itu, hiasan meriam yang unik dan indah khas Dayak tersebut juga dapat memanjakan mata Anda. Hal yang dilombakan tidak hanya hiasan meriam, tetapi juga suara dari meriam itu sendiri. Kekompakan bunyi meriamlah yang dijadikan dasar penjurian.

Dalam hal ini, ada puluhan kelompok meriam karbit yang siap meledakkan meriamnya. Lokasi perlombaan pun berada di tepian Sungai Kapuas, Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Hal yang membuat festival ini menarik adalah salah satu permainan tradisional Nusantara ini diadakan untuk memeriahkan malam takbiran menjelang Hari Raya Lebaran. Bagi Anda yang kagetan, Anda harus bersiap diri untuk merasakan dan mendengarkan dentuman meriam yang ditembakkan berkali-kali ke arah Sungai Kapuas ini. Suasana meriah pun meliputi festival ini.

 

3. Festival Jenang Solo, Jawa Tengah

festival2

Warga menyerbu stan jenang pada Festival Jenang Solo 2015, Selasa (17/02/2015) di Ngarsopuro Solo. Festival tersebut merupakan rangkaian acara perayaan Hari Jadi Kota Solo ke-270. Foto: Maksum N F

Sumber: http://joglosemar.co/

Mau makan gratis? Di sinilah tempatnya. Festival tahunan yang diadakan untuk memperingati ulang tahun Kota solo ini menyediakan lebih dari 170 ribu jenang secara gratis. Acara ini diselenggarakan di Koridor Ngarsopuro, Jalan Diponegoro. Banyak sekali jenang yang ditampilkan pada festival ini. Ada jenang sumsum yang biasa dibuat hajatan, jenang gendul, jenang mutiara, jenang pathi, dan lain-lain. Bila Anda ingin tahu apa saja jenis jenang selain yang telah disebutkan, Festival Jenang Solo wajib Anda kunjungi.

 

4. Festival Tabot di Bengkulu

festival3

Sumber: http://indonesia.travel/

Festival yang diadakan untuk menyambut tahun baru Islam ini merupakan tradisi sakral berbalut agama. Acara ini diadakan di lapangan utama Kota Bengkulu. Tujuannya, mengenang kepahlawanan Imam Hussein bin Ali sebagai cucu Nabi Muhammad SAW. Selain itu, festival ini juga sebagai pengingat manusia terhadap praktik penghalalan segala cara untuk menuju puncak kekuasaan dan simbolisasi dari sebuah keprihatinan sosial.

Dalam hal ini, puluhan tabot akan diarak mengelilingi kampung bengkulu dengan diiringi suara alat musik dol yang terbuat dari kelapa. Prosesi akhir dari pengarakan tabot ini adalah pembuangan tabot di karbela, sekitar 3 km dari tempat acara.  Selain upacara ritual, festival ini juga menampilkan pertunjukan seni, pasar rakyat, pameran kriya, lomba delman hias, rebana, tari tabot, dan acara seni lainnya.

 

5. Bali Kite Festival

festival4

Sumber: http://www.tonyriceartist.com/

Festival layang-layang internasional ini diadakan di Pantai Sanur, Bali. Acara tahunan ini selalu diadakan pada bulan Juli. Hal ini disebabkan bulan Juli merupakan bulan dengan kondisi angin terbaik untuk menerbangkan layang-layang. Berbagai layangan unik dan memiliki ukuran raksasa dapat dilihat di festival ini. Tidak hanya orang Indonesia saja yang menerbangkan layang-layang ini. Orang bule atau turis mancanegara juga ikut menerbangkan layangan menarik tersebut.

 

6. Raja Ampat Festival di Papua

festival5

Sumber: http://panduanwisata.id/

Festival ini diselenggarakan di Pantai Waisai Tercinta (WTC), Raja AmpatPapua Barat. Penyelenggaraan festival ini dapat Anda nikmati opada bulan Oktober. Pada festival ini Anda dapat menikmati beragam suguhan paket wisata, pesta kesenian, dan sajian khas kuliner Raja Ampat. Kemudian, ada pula lomba foto bawah laut dan panorama kehidupan masyarakat Raja Ampat. Seminar menyelam berwawasan lingkungan pun dihadirkan di acara ini. Bahkan, Anda dapat berkeliling kepulauan Raja Ampat dengan perahu.

 

7. Sawahlunto Multicultural Festival

festival6

Sumber: http://indonesia.travel/

Peringatan HUT Sawahlunto ini memiliki banyak sekali acara. Mulai dari Sawahlunto Expo di GPK, pentas seni multicultural etnik, dan pertunjukan wayang semalam suntuk dari Museum Wayang Indonesia. Selain itu, ada pula Sawahlunto Internasional Music Festival yang menunjukkan musik etnik dari berbagai negara. Misalnya, Australia, Korea Selatan, Meksiko, dan masih banyak lagi. Menariknya lagi, terdapat acara makan bajamba. Acara yang bertempat di lapangan Silo ini diadakan pada 26 November hingga 5 Desember.

 

8. Festival Krakatau, Lampung

festival7

Sumber: http://www.indonesiakaya.com/

Sesuai dengan namanya, festival ini memiliki kegiatan utama kunjungan ke Anak gunung Krakatau. Namun, peserta tur ini dibatasi hanya 280 orang dan diberangkatkan dari Lapangan Kantor Gubernur Lampung. Tidakn hanya itu, acara ini juga menyuguhkan marching band, Payung Agung, Exotic Lampung (Muli Lampung), Exotic Lampung (Music Lampung) umbul-umbul, topeng raksasa, barisan topeng asli khas Lampung, dan diakhiri dengan Street Carnival Fantasi Tapis Lampung. Puncaknya, Anda dapat menghadiri pameran kerajinan di Wisma Way Belerang, Desa Buah Brak Kalianda. Di sana, anda dapat menikmati sajian kuliner khas lampung dan tampilan berbagai kerajinan.

 

9. International Cave Festival

festival8

Sumber: http://www.wego.co.id/

Festival ini berlokasi di kawasan Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung, Desa Belae, Kabupaten Minasa Te’ne, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan. Menara Karst Maros-Pangkep diakui sebagai kawasan karst terbesar kedua di dunia setelah Guangzhou di Republik Rakyat Cina. Di festival ini Anda dapat menjelajahi gua prasejarah yang dipercaya tempat tinggal manusia prasejarah yang meninggalkan jejak mereka dalam berbagai bentuk gambar di dinding gua. Seru banget kan!

 

10. Festival Budaya Erau

festival9

Sumber: http://www.onvsoff.com/

Festival ini terletak di Kota Raja, Tenggarong, Kabupaten Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur. Acara ini dilaksanakan pada bulan Juni. Pesta budaya Erau ini menampilkan pameran pembangunan dan perdagangan aneka produk dan jasa juga disediakan dengan tatanan rapi. Lalu, ada pula pentas musik, atraksi komunitas, dan aneka pertunjukan lainnya. Hal yang istimewa pada penyelenggaraan Festival Budaya erau ini adalah adanya pentas seni dari mancanegara. Negara yang ikut serta dalam festival ini merupakan negara anggota International Council of Organizations of Folklore Festivals and Folk Art (CIOFF). Keren bukan?!

 

11. Tomohon International Flower Festival 

festival10

Sumber: http://www.triptrus.com/

Bukan sekadar festival biasa, kegiatan utama festival ini adalah pawai kendaraan hias yang dilombakan. Pesertanya pun berasal dari berbagai provinsi se-Indonesia dan juga wakil dari negara asing. Berbagai mobil hias yang dihiasi bunga ini memiliki beragam bentuk dan warna yang indah di mata. Sepanjang jalan Kota Tomohon, Sulawesi Utara pasti penuh sesak oleh ribuan warga. Saling berebut angle foto pun tak terelakkan di tempat ini bila Anda datang ke festival ini. Adanya Tomohon International Flower Festival ini juga menegaskan Kota Tomohon sebagai kota bunga.

 

12. Banyuwangi Festival

festival11

Sumber: http://eventbanyuwangi.com/

Maksud dari Banyuwangi Festival ini adalah nama dari rangkaian berbagai festival yang ada di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Deretan festival yang ada di dalamnya sangat menarik untuk Anda ikuti. Dari poster Banyuwangi Festival ini, Anda dapat memilih festival mana yang sekiranya menarik perhatian Anda. Anda juga bisa mengagendakannya dari jauh-jauh hari karena jadwal acara festival dari awal tahun hingga akhir tahun sudah terpampang jelas. Hal ini akan dapat memudahkan Anda untuk merencanakan kapan waktu liburan Anda di kota Sunrise of Java ini.

 

13. Festival Danau Toba

festival12

Sumber: http://www.tribunnews.com/

Siapa tak kenal Danau Toba? Danau yang terkenal akan legendanya tersebut bertempat di Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara. Pada festival ini, Anda akan dimanjakan dengan pameran dan atraksi pentas budaya, fashion show, serta pameran pariwisata kreatif. Tidak hanya itu, ada juga lomba perahu naga, arum jeram, dan renang. Pesertanya berasal dari tingkat lokal, nasional, dan internasional. Festival Danau Toba menggelar pula kompetisi Lake’s Toba World Drum Festival dan seminar pariwisata.

 

14. Festival Sandeq di Sulawesi Barat

festival13

Sumber: http://en.gocelebes.com/

Festival ini digelar di Pantai Bahari, Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar membuat acara ini untuk memperingati hari ulang tahun Sulawesi Barat. Anda dapat menyaksikan perahu layar yang digunakan nelayan Mandar. Nah, nama perahu layar itu disebut sandeq. Perlombaan Sandeq ini mengambil race Makassar-Mamuju. Menurut peneliti asal Jerman Horst H Liebner, perahu ini memang memiliki ketangguhan dalam menghadapi angin dan gelombang saat mengarungi laut lepas. Hebat!

 

15. Festival Budaya Pasar Terapung di Banjarmasin, Kalimantan Selatan

festival14

Sumber: hasanzainuddin.files.wordpress.com

Festival ini berlangsung selama 3 hari lebih di Jalan Sudirman dan Sungai Martapura. Pada acara ini, Anda akan melihat 250 perahu kayu kecil yang biasa disebut jukung. Agenda acaranya pun terhitung banyak, yaitu Lomba Dayung Tradisional, Festival Kuliner, Pasar Terapung, Atraksi Seni Budaya, Kampung Banjar, Lomba Jukung Hias, dan Tanglong. Banyaknya acara dalam festival ini pasti akan memuaskan Anda. Dijamin!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on December 5, 2015 by in Bebas.
%d bloggers like this: