Dasar Pengetahuan Budaya

Ketika hendak memahami dasar pengetahuan budaya, kita harus mengetahui terlebih dahulu definisi budaya itu sendiri sebelum melangkah ke dalam hal yang lebih jauh lagi supaya pemahaman akan dasar pengetahuan budaya terbentuk. Dalam hal ini, definisi budaya berpusat pada pola perilaku yang diamati dari sebuah kelompok sosial. Dengan memahami budaya sebenarnya manusia sama saja seperti memperlajari sebuah aturan dari perilaku tertentu. Misalnya, perilaku unggah-ungguh pada orang Jawa. Hal tersebut pula yang menjadi pembeda antara manusia dengan hewan. Manusia termasuk ke dalam makhluk berbudaya karena memiliki sifat alami manusia.

Saat berbicara mengenai pola perilaku sama saja berbicara mengenai sebuah konsep yang ada di masyarakat. Konsep tersebut berkembang dan terbentuk di masyarakat itu sendiri dan biasanya disebut dengan kearifan lokal. Kearifan lokal ini belum tentu sama antara satu manusia dengan manusia lainnya tergantung dari faktor sosial dan geografisnya. Masyarakat biasanya membentuk sebuah konsep dengan mengabstraksi diri mereka dari berbagai macam persepsi. Hal tersebut berhubungan dengan adanya penciptaan tanda yang terdiri atas indeks, ikon, dan simbol. Fungsi dari penciptaan tanda ini ada banyak. Beberapa fungsinya adalah mengurangi ketergantungan terhadap pengaman sensorik, menjadi alat untuk berkomunikasi, dan menghasilkan pengetahuan baru.

Setelah konsep tersebut diabtsraksikan ke dalam berbagai persepsi, maka timbullah aturan yang dipahami bersama sebagai aturan sosial. Aturan ini lebih kepada instruksi untuk berperilaku tertentu sesuai dengan kesepakatan bersama. Di samping itu, aturan telah mengakar pada pikiran manusia sehingga orang yang tidak mematuhi aturan akan mendapatkan sanksi sosial maupun timbul gejolak pada pikirannya sendiri. Meskipun demikian, aturan yang ada tidak semua dipelajari dalam satu waktu yang berbarengan. Aturan dipelajari pada level yang berbeda-beda sesuai dengan tingkatan usia maupun derajat dari orang tersebut sehingga hal tersebut memiliki pengaruh untuk membentuk perilaku seseorang menjadi seperti yang ada pada aturan sosial tersebut.

 

Bahan Acuan

Spradley, James P. 1972. Culture and Cognition: Rules, Maps, and Plans. San Fransisco: Chandler Publishing Company

Leave a comment

Blog at WordPress.com.

Up ↑