Sekelumit Pikiran

Tak Menentu

Masalah dalam Konsepsi Budaya

Pada bab ini, dapat diambil pemahaman mengenai sudut pandang dalam mempertimbangkan budaya. Selain itu, dapat pula dikaitkan antara hubungannya individu dengan masyarakat. Franz Boas pada akhir abad ke-19 mulai menggunakan budaya untuk merujuk kepada adat istiadat, kepercayaan, maupun lembaga sosial yang tampaknya menjadi ciri setiap masyarakat yang terpisah. Hal ini disebabkan setiap tradisi ditularkan melalui proses belajar sehingga kesempatan untuk belajar bergantung pada kontak sosial dengan eksposur masa lalu masyarakat yang membawa tradisi lainnya. Ada pula istilah cadangan budaya yang biasa dipelajari guna memenuhi standar orang atau budaya lain. Maksudnya, mempelajari budaya lain dengan sungguh-sungguh agar memenuhi standar ataupun sekadar diterima di lingkungan tersebut.

Masalahnya telah disorot oleh Geertz adalah masalah posisi budaya yang terletak di pikiran manusia. Seperti yang telah diketahui bersama bahwa budaya berkaitan dengan ciri suatu komunitas atau masyarakat yang berbeda dari individu. Hal ini menyangkut peran ilmu budaya dan perilaku yang muncul sebagai masalah dari keprihatinan perilaku dan peristiwa yang berbeda dari hal yang berbeda pula. Salah satunya adalah standar untuk berperilaku dan untuk menafsirkan peristiwa. Tidak ada yang mengklaim bahwa deskripsi bahasa secara ilmiah bisa berlaku hanya jika memprediksi secara akurat apa yang dibicarakan dalam menanggapi setiap stimulus tertentu. Mereka  yang aktif terlibat dalam permainan pastinya ingin memprediksi setepat mungkin apa yang lawan mereka akan lakukan pada setiap permainan. Fenomena prediksi tersebut berkaitan dengan apa yang akan diterima sesuai dengan standar masyarakat untuk berperilaku. Pertimbangan ini diambil dengan apa yang dikatakan tentang dilema bersama yang dapat membantu untuk memperjelas perbedaan antara posisi kita tentang sifat budaya dan yang diambil oleh Geertz.

 

 

Bahan Acuan

Goodenough, Ward H, ed. 1984. Culture, Language, and Society. California: The Benjamin/Cummings Publishing Company, Inc.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on June 11, 2016 by in Laporan Bacaan.
%d bloggers like this: