Sekelumit Pikiran

Tak Menentu

Skema Sosial dan Representasi Sosial

Bab ini menjelaskan tentang hubungan antara teori sosial representasi dan teori skema sosial itu sendiri dari sebuah teori yang didasarkan pada konsep pengetahuan sosial yang diinternalisasi. Perbedaan utama antara studi representasi sosial dan skema sosial adalah bahwa representasi sosial jauh lebih dari model pengolahan informasi diartikulasikan di tingkat intrapersonal penjelasan. Tidak seperti penelitian skema sosial, representasi sosial penelitian tidak membatasi diri untuk mempelajari struktur kognitif sederhana, namun didominasi dengan struktur kognitif yang kompleks. Misalnya, sistem kepercayaan dan pola nilai budaya. Dengan demikian, hal tersebut membuat teori yang jauh lebih ambisius dan memerlukan usaha multidisiplin.

Selanjutnya, konsep Moscovici mengenai objektivikasi ini memiliki implikasi penting bagi sosiologi pengetahuan dan tidak memiliki keparalelan atau keterkaitan dalam literatur skema sosial. Seperti dalam teori skema, teori representasi sosial berusaha mencoba untuk memahami fungsi psikologis individu, tetapi dengan memperhatikan proses psikologis pertimbangan yang lebih luas dari masyarakat dan sosial secara umum. Oleh karena itu, dua teori diartikulasikan pada tingkat yang berbeda dari penjelasan. Tentu saja, teori representasi sosial dapat memberikan teori skema dengan konteks masyarakat yang sangat dibutuhkan.

Akan tetapi, pada saat yang sama representasi sosial terbantahkan dengan mengambil bagian dari sifat fenomena kognitif. Bahkan, dalam karakteristik tertentu sebagian melarikan diri dari yang termasuk dalam kerangka kerjanya. Sementara itu, hal tersebut tidak mungkin atau tidak diinginkan untuk mengintegrasikan dua teori sepenuhnya. Hal ini disebabkan pada bab ini lebih menekankan kepada bagaimana berbagai tingkat penjelasan telah dipanggil untuk menjelaskan cara pengetahuan sosial yang ada digunakan dalam proses kognitif sosial.

 

Bahan Acuan

Augoustinos, Martha and Iain Walker. 1996. Social Cognition: An Integrated Introduction. London: Sage Publications

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on June 11, 2016 by in Laporan Bacaan, Linguistik.
%d bloggers like this: