Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Berbicara tentang pariwisata di Banyuwangi,  apa yang terkenal setelah Gunung Ijen mungkin beberapa orang kompak menjawab Pulau Merah. Pulau ini memang tidaklah menyambung dengan Pulau Jawa. Akan tetapi, jaraknya hanya sedikit saja dan kalau sore hari saat surut air lautnya kita bisa berjalan kaki ke Pulau Merah. Selain itu, pulau ini terkenal dengan keindahan pantainya yang tidak berbeda jauh dengan Pantai Kuta Bali. Penasaran dengan tempat wisata ini, saya pun mengunjungi Pulau Merah.

Dari tempat saya menginap di Desa Kemiren, Kecamatan Glagah dapat dikatakan tempat wisata ini jaraknya cukup jauh. Ibaratnya, tempat saya menginap berada di utara, sedangkan tempat Pulau Merah berada di selatan dan dekat perbatasan Banyuwangi dengan Jember. Untung saja, saya tidak semata-mata mengunjungi tempat wisata ini saja melainkan ada penelitian skripsi pula di dekat daerah tersebut sehingga sekali jalan dua tiga tujuan tercapai. Alhamdulillahnya lagi, papan jalan sepanjang perjalanan di Banyuwangi tersedia dengan baik sehingga tanpa saya bertanya-tanya ke orang saya pun sudah bisa sampai di Pantai Pulau Merah dengan sedikit GPS.

Jalanannya pun masih sepi. Enak deh jalanannya karena sudah beraspal bagus semua. Meskipun demikian, perlu diingat bahwa jangan sore-sore ke sini ya apalagi kalau kamu naik motor. Hal ini disebabkan jalanannya masih belum ada lampu penerangan jalan dan pastinya akan gelap sekali jalanannya di malam hari. Terlebih lagi, kebanyakan jalanan yang dilewati masih berupa hamparan sawah dan jarang melewati rumah penduduk.

IMG_2408

Ketika berada di Pantai Pulau Merah saya menaiki sepeda motor dan terlihat belum adanya parkiran yang dibuat khusus. Parkir kendaraan masih bebas yang penting di area sebelum pantai. Parkiran kendaraan pun berpasir sehingga kendaraan akan berat saat hendak mau parkir. Untuk biaya masuknya juga belum ada (atau pas saya masuk enggak ada yang jaga ya) dan belum ada tukang parkirnya. Mungkin itu juga bisa dibilang efek bukan musim liburan pas saya ke sini kali ya makanya masih gak keliatan tempat wisatanya.

Dari parkiran pun terlihat langsung pantai yang luas dan bersih. Di area pantai juga terdapat tempat duduk berpayung layaknya Pantai Kuta Bali. Mungkin hal yang menyebabkan orang-orang menganalogikan Pantai Pulau Merah dengan Pantai Kuta Bali adalah kesamaan pasir putih pantainya dan kesamaan tempat duduk berpayungnya. Bisa dibilang, untuk pemandangan lebih bagus Pantai Pulau Merah dibandingkan Pantai Kuta Bali. Hal ini disebabkan di Pantai Pulau Merah ada pemandangan Pulau Merahnya yang unik dan khas. Tak heran, banyak mobil berplat DK alias mobil dari Bali yang mengunjungi tempat ini.

IMG_2401

Kebetulan pula pada saat saya sedang berada di Pantai Pulau Merah air sedang surut sehingga saya bisa melangkahkan kaki menuju Pulau Merah. Tidak disangka ternyata jalan menuju Pulau Merah harus melewati karang-karang yang dapat dikatakan tajam. Hati-hati ya karena salah langkah kamu akan terkena karang. Kalau memang mau melewati karang-karang ini dengan mulus disarankan jangan bertelanjang kaki. Gunakan sandal yang alasnya agak tebal dan baju ganti kalau basah.

Oh iya, waktu yang enak ke Pantai Pulau Merah ini sih menurut saya pada saat sore hari. Hal ini disebabkan cuaca tidak terlalu terik atau panas dan air ketika sore hari sedang surut sehingga kita bisa menuju ke Pulau Merahnya. Hasil foto pun sepertinya lebih bagus pada sore hari pula dibandingkan waktu lainnya. Meskipun saya bingung sendiri kenapa tempat ini dinamakan Pulau Merah karena Pulaunya terlihat berwarna hijau pepohonan tetapi wisata pantai ini cukup dapat memanjakan mata dan menyegarkan pikiran.

IMG_2419

IMG_2437IMG_2430IMG_2423IMG_2444

Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑

